Perbedaan metode cash basis dan accruale basis.

Perbedaan metode Cash Basis dan Accrual Basis di dalam program Accurate, yaitu :

Basis Kas / Cash Basis dan Basis Akrual / Accrual Basis adalah metode pencatatan transaksi dengan adanya kontrol modal badalam pencatatan transaksi akuntansi. Perbedaan mendasar kedua metode tersebut adalah “timing pengakuan” saat terjadinya transaksi. Dimana sebenarnya apabila digabungkan dari waktu ke waktu hasil dari kedua metode tersebut kurang lebih sama.

Cash Basis merupakan penempatan Pendapatan “diakui” saat kas diterima dari pelanggan, sedangkan untuk Biaya “diakui” ketika kas dibayarkan pada suplier atau karyawan. Jika Basis Akrual, konsep pengakuan nya adalah pengakuan kapan diakui Beban ataupun pendapatannya tampa berhubungan dengan uang keluar ataupun masuk. Pada metode Cash Basis pengakuan pendapatan mengalami penundaaan sampai pembayaran diterima langsung dari pelanggan. Demikian pula pengakuan beban, dapat ditunda hingga saat faktur pembelian dibayar ke pemasok.

Pengakuan pendapatan.

Sebuah perusahaan menjual Aplikasi 3rd party android senilai Rp. 10 juta untuk pelanggan pada bulan Maret, yang mana faktur penjualannya baru dibayar pada bulan April. Jika menggunakan metode Cash Basis, Perusahaan tersebut mengakui penjualan pada bulan April. Karena pada saat itu pendapatan tersebut diterima. Jika dengan metode Akrual Basis, Perusahaan mengakui penjualan di bulan Maret. Karena pada saat itu dikeluarkan faktur penjualan kepada pelanggan.

Pengakuan beban.

Sebuah perusahaan membeli perlengkapan kantor senilai Rp. 5 Juta pada bulan Mei, yang mana faktur pembeliannya akan dibayar bulan Juni. Jika menggunakan Basis kas, Perusahaan tersebut mengakui pembelian pada bulan Juni, ketika membayar tagihan. Dengan metode Akrual Basis perusahaan mengakui pembelian pada saat bulan Mei saat faktur pembelian diakui dari pemasok.

Dengan program Accurate, pengguna bisa melakukan transaksinya dengan menggunakan modul Kas & Bank. Yang di dalamnya ada modul pembayaran (other payment) dan penerimaan (other deposit) yang diinput sesuai transaksi real saat itu juga. Nah ditransaksi ini menggunakan metode pencatatan secara Cash Basis. Apabila pengguna Accurate menginput transaksi penjualan melalui Modul Penjualan | Faktur Penjualan dan menginput transaksi pembelian melalui Modul Pembelian | Faktur Pembelian, transaksi ini masuk ke dalam pencatatan metode Accrual Basis.

Close Menu