Pencatatan transaksi perusahaan pertambangan pada accurate

Perusahaan pertambangan punya transaksi yang lumayan ribet. Barang jadinya dihasilkan dari alam. Nilai pokoknya didapat dari biaya langsungnya.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan di dalam kesehariannya memiliki aktivitas awal dengan adanya pencatatan biaya-biaya yang berhubungan dengan pra pengerjaan seperti :

  • Biaya administrasi merupakan biaya untuk mengurus perizinan pertambangan dan Kuasa Pertambangan, juga termasuk biaya pembebasan tanah,
  • Biaya pembersihan lahan,
  • Biaya pembukaan tambang yang merupakan biaya untuk pengupasan lapisan tanah,
  • Biaya persiapan lahan yaitu biaya pembuatan jalan masuk ke lokasi pemboran,
  • Biaya pemboran, termasuk¬† pembelian peralatan bor,
  • Biaya mobilisasi dan demobilisasi proses kerja
  • Biaya pengujian dan perampungan dengan tambahan tenaga ahli
  • Biaya logistik selama terlaksananya proses pemboran.

Dan masih banyak lagi biaya-biaya yang nantinya akan dijadikan modal untuk pencatatan transaksi hasil tambangnya.

Untuk Perusahaan pertambangan, sebaiknya Anda menggunakan Software Akuntansi ACCURATE 5 Standard Edition yang akan sangat membantu pencatatan  biaya-biaya tersebut dan menghasilkan Laporan Keuangan Standard seperti Neraca, Laba Rugi, Hutang/Piutang, Cashflows dan lain sebagainya. Namun jika Anda ingin menghasilkan laporan Profit atau biaya-biaya per Proyek pertambangan yang dikelola, maka Anda harus menggunakan ACCURATE 5 Deluxe Edition yang bisa menyajikan laporan Laba/Rugi per Proyek.

Pada program Accurate 5 Deluxe memliki modul Department dan Proyek. Dimana modul ini membantu perusahaan pertambangan bekerja.

Modul Departemen (Department Module)

Modul dari Accurate 5 Deluxe Edition ini menghasilkan laporan Buku Besar (General Ledger) per departemen sampai dengan laporan Laba/Rugi per departemen. Dimana setiap transaksi biaya ataupun pendapatan yang diinput dapat menentukan masuk ke Departement yang mana (Cost Center).

Modul Proyek Kontraktor (Project Contractor Module)

Modul proyek kontraktor ini terdiri dari Daftar Bahan Baku (Materials), Daftar Upah Kerja(Labor Cost), Formulir Analisa Harga Kerja (Work Price Analysis Form), Formulir Proyek (Project Form) termasuk didalamnya pencatatan RAB (Rencana Anggaran Belanja), Formulir Bahan Baku Terpakai (Material in Used Form), Formulir Pembayaran Upah (Expense Payment Form), Formulir Survei Proyek (Project Survey Form), Formulir Penagihan Proyek (Project Bill), Formulir Penyelesaian Proyek (Project Ending).

Untuk pemesanan program Accurate 5 Deluxe, Anda bisa memesannya dari Agen Resmi Accurate yaitu Accurate Sumatera di nomor : 085370838199. Dan pastikan Anda membeli Accurate yang asli bukan yang bajakan.

Close Menu