Tahapan Pencatatan Transaksi Keuangan Menjadi Buku Besar

Pencatatan transaksi keuangan secara konsisten memilik peranan penting dalam membuat lapoaran keuangan. pencatat tersebut menjadi akan sumber nilai dalam informasi awal yang harus anda lakukan dalam mencatat transaksi untuk membuat laporan keuang. Berikut akan dijelaskan langkah – langkah dalam membuat pencatatan dalam transaksi keuangan.

Menyiapkan Bukti Transaksi

Sebelum melakukan pencatatan transaksi keuangan. Pastinya anda harus butki – bukti fisik transaksinya. Karena hal itu akan menjadi bukti pertanggungan jawaban untuk meninjau laporan keuangan. Dan untuk setiap transaksi anda harus menganalisa terlebih dahulu transaksi tersebut akan dimasukkan ke akun yang mana yang tepat.

Mencatat Transaksi Keuangan

Setelah anda mengumpul dan menganalisa bukti – bukti transaksi yang ada. Selanjutnya anda kan menjurnal bukti transaksi tersebut ke jurnal harian. Jurnal adalah catatan transaksi keuangan yang telah disusun secara sistematis sesuai dengan kronologi transaksinya. Fungsi dari jurnal adalah sebagai berikut :

  1. Catat semua transaksi sesuai dengan bukti transaksi yang ada.
  2. Jurnal di catat sesuai dengan tanggal dan waktu kejadiannya.
  3. Semua transaksi yang sudah di catat  merupakan hasil dari buti fisik yang tersedia.
  4. Digunakan untuk terposting ke buku besar dari trransaksi 1 harian
  5. Dapat memberikan informasi dengan Transaksi yang sudah ada.

Didalam jurnal ada 2 jenis, yaitu jurnal umum. Jurnal umum biasa akan di input sesuai dengan kronologinya. tetapi untuk jurnal khusus. Tujuannya supaya bisa liat transaksi per 1 akun yang telah dibuat.

Melakukan Posting

Setelah anda mencatat transaksi selanjutnya semua bukti transaks akan dimaukkan ke buku besar. Berikut langkah yang harus dilakukan sebelum mempostingnya.

  1. Pindahkan transaksi sesuai tanggal ke dalam buku besar
  2.  Pindahkan Sesuai dengan debit kredit yang dari jurnal per masing akun – akun
  3.   Catat Nomor sesuai kode akun untuk dipindahkan ke buku besar
  4. Catat juga No halam sesuai referensi pada kolom di dalam buku besar

Setelah anda mengetahui tahap – tahap untuk melakukan pencatatan transaksi ke jurnal dan buku besar maka anda sudah bisa lanjut ke laporan keuangan seperti neraca dan laba rugi. hal diatas merupakan dasar akuntansi. Jurnal sangat penting untuk memposting ke akun anda. sehingga anda harus jeli untuk menganalisa dalam memilih posting akun

 

Close Menu