Guna pembukuan untuk perusahaan UMKM

Apakah Pembukuan Sederhana untuk seorang pebisnis itu Penting?

Mungkin Anda sebagai pebisnis UMKM sudah mengetahui bagaimana pentingnya pembukuan. Pembukuan bermanfaat untuk mencatat setiap kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan untuk mendapatkan tujuannya. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat melihat pendapatan dan pengeluaran usaha Anda. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi terhadap usaha Anda ke arah yang lebih baik lagi.

Pembukuan dapat dikatakan merupakan kewajiban bagi setiap pebisnis UMKM. Tujuannya agar Anda dapat mengukur kinerja bisnis tersebut. Ini bertujuan agar pebisnis UMKM dapat mengambil langkah-langkah finansial yang dapat membuat bisnis tersebut berkembang. Pembukuan juga berfungsi agar pebisnis UMKM dapat memiliki kontrol atas keuangan bisnis mereka. Tanpa adanya pembukuan, pebisnis UMKM kurang bisa mengontrol atas keuangannya. Bahkan pebisnis tidak dapat mengetahui apakah bisnisnya mengalami keuntungan atau kerugian. Pembukuan juga bisa menjadi satu bukti nyata untuk pembacaan bisnis Anda yang dapat dibawa kepada investor apabila Anda sebagai pebisnis ingin mencari modal tambahan. Pembukuan Andalah yang akan menjadi acuan apakah seorang investor akan menginvestasikan uangnya kepada Anda atau tidak. Oleh karena itu pembukuan memiliki nilai yang sangat penting saat Anda menjalankan sebuah bisnis, sehingga usaha Anda bisa lebih berkembang.

Pembukuan zaman sekarang sudah harus pakai program. Mengapa?

Sebagai seorang pebisnis, Anda memiliki peran penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Fokus Anda adalah memikirkan strategi yang seperti apa untuk mengembangkan bisnis Anda. Konon ceritanya membuat sebuah pembukuan sederhana biasanya akan memakan waktu Anda. Nah sementara Anda harus mempergunakan waktu Anda untuk memikirkan strategi Anda.

Seorang pebisnis UMKM biasanya sudah memiliki karyawan. Daripada Anda harus mempergunakan waktu Anda untuk membuat sendiri pembukuan sederhana, Anda dapat meminta karyawan Anda yang mengerti untuk membuat pembukuan sederhana. Dan jika karyawan Anda tidak mengerti maka Anda dapat memperkerjakan seorang freelance yang mengerti untuk membuat pembukuan sederhana. Namun itu membutuhkan nilai yang lumayan dan jangka waktu yang lama.

 

Di zaman sekarang untuk lebih mempermudah lagi seorang pebisnis dalam hal pembukuan, bermunculan lah program-program pembukuan yang sudah bisa menghasilkan laporan keuangan untuk Anda. Dan salah satu teknologinya yaitu Accurate Online. Anda bisa mencobanya secara GRATIS di link : accurate online.

Close Menu