Seberapa besar manfaat akuntansi untuk kehidupan kita

Akuntansi merupakan proses pengidentifikasian melalui proses pencatatan dan pelaporan informasi ekonomi keuangan yang bertujuan untuk pengambilan keputusan guna memajukan perusahaan di dalam kehidupan kita.

Pada skala besar, akuntansi sangat bermanfaat. Karena dengan akuntansi Anda dapat mengetahui status dan kondisi keuangan perusahaan, mendapatkan gambaran dari tingkat laba perusahaan, serta dasar penentuan pajak dan peraturan perusahaan Anda. Selain itu, dengan akuntansi, Anda bisa menetapkan tingkat resiko yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit bisnis Anda.

Pada perjalanan keseharian, adapun manfaat akuntansi yaitu :

1) Sebagai Informasi Keuangan untuk Pihak yang Membutuhkan

Informasi keuangan yang sudah Anda susun pasti akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas. Bayangkan kalau Anda punya berbagai transaksi keuangan lalu tidak melakukan pencatatan. Bisa jadi Anda akan lupa ke mana “pergi”-nya uang-uang yang Anda miliki. Baru dapat dari orangtua dan tahu-tahu nya sudah habis. Nah sekarang bayangkan juga ada satu perusahaan dengan 2500 karyawan tidak melakukan sistem akuntansi. Pastinya ada kemungkinan di akhir bulan mereka tidak akan menerima gaji, ataupun perusahaan bisa menjadi bangkrut.

2) Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan

Dengan melakukan pencatatan, Anda jadi bisa tahu apa yang harus Anda lakukan di masa depan. Contohnya : dengan akuntansi, Anda mungkin akan sadar kalau keuangan Anda dalam keadaan “sekarat” karena sering dipakai untuk biaya-biaya yang kecil bahkan biaya yang tidak penting.

3) Sebagai Bukti Keuangan yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Pasti ada masanya di mana Anda punya masalah sama orang lain dikarenakan uang. Bisa hutang yang tidak kunjung bisa dibayar, atau hal-hal lainnya juga. Dengan adanya akuntansi dan pencatatan keuangan ini, Anda bisa mempertanggungjawabkan keuangan Anda tanpa menebak-nebak lagi harganya.

4) Membantu Pencatatan Ekonomi Keluarga

Setelah Anda dewasa dan menikah, masalah keuangan merupakan masalah yang cukup diperhitungkan dalam  rumah tangga. Oleh karena itulah akuntansi sangat dibutuhkan karena sangat bermanfaat. Kenapa? Jelas karena setelah membangun rumah tangga, banyak keperluan yang harus Anda perhitungkan. Pengeluaran ini tentunya harus diperhitungkan dan dibandingkan dengan pemasukan Anda dan pasangan Anda.

Nah di zaman sekarang pencatatan akuntansi ini sudah bisa dibantu dengan adanya program. Adapun nama programnya yaitu Accurate. Anda bisa memesan program ini dengan mengisi form : penawaran accurate

Close Menu