Hal yang Harus Anda Ketahui PPh Final

Setiap wajib pajak yang mempunyai penghasilan akan dikenakan pajak penghasilan pasti akan dikenakan pajak penghasilan. Namun berdasarkan pungutannya Pajak Penghasilan PPh Final dan tidak final. Kedua PPh ini memiliki perbedan pada saat SPT Tahunan baik Badan ataupun Pribadi. Pada artikel ini akan membahas mengenai PPh.

PPh merupakan pajak penghasilan yang dikenakan saat objek menerima langung sumber penghasilan dan akan dihitung pada saat mengisi formulir SPT Tahunan.

pph final

Penghasilan Kena Pajak PPh

Ada beberapa sumber penghasilan yang dikenakan PPh . Seperti penghasilan perusahaan modal ventura, Pelayaran dalam dan luar negri, penjualan saham, penghasilan bunga deposito dan tabungan. Hadiah atas undian, sewa, jasa kontruksi, penerbangan luar negri, selisih revaluasi aktiva tetap dan masih banyak lagi.

Pembayaran Pajak PPh

PPh Final yang dipotong bukan merupakan hutang pajak yang di bayar di muka. Maksud dari pph  yaitu pph yang tidak dapat dihitung kembali atau dikreditkan. Dimana biaya Рbiaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan, memelihara Penghasilan tidak dapat dikreditkan atau dikurangkan

Tarif PPh Final & Cara Menghitungnya

Menurut Perpu RI No 46 thn 2013, PPh Final dikenakan sebesar 1 % dan hanya dikenakan pada wajib pajak pribadi atau badan yang memiliki penghasilan kotor atau omset sebesar Rp 4.8 Milyar setahun.

Sebagai contoh Bpk Rudi memiliki Penghasilan kotor sebesar Rp 200.000.000, – setiap bulan. Maka PPh Final yang wajib di bayar bpk Rudi tiap bulan yaitu sebesar Rp. 2.000.000 (1 % x 200.000.000)

PPh harus disetorkan pada tgl 10 setiap bulannya. Untuk wajib pajak perlu melaporkan PPh tersebut dengan mengisi formulir SPT Tahunan

Saat ini, Tarif PPh Final masih sedang revisi. Dimana Presiden Joko Widodo beserta mentri keuangan yang menentukan berapa persen tarif PPh Final. Untuk UKM akan dikenakan sebesar 0.5 %. Dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi wajib pajak di Indonesia. Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai PPh yang harus disetorkan oleh wajib pajak.

PPh Final

Untuk memudahkan anda dalam menyusun laporan keuangan dan pajak. Program akuntansi Accurate datang membawa solusinya. dengan Accurate anda dapat mengetahui laporan omzet, keuangan dan pajak hanya dengan sekali klik. langsung terhungung ke bagian finance. Dengan bigitu semakin cepat anda dapat menentukan berapa besar PPh Final. Harus anda yang menghitung setiap bulannya.

.

Close Menu