Fungsi Akun Barang Terkirim Pada Program Accurate

Pernah melihat akun barang terkirim di daftar akun Accurate?

Apa pentingnya akun tersebut?

Kali ini kita membahas tentang akun barang terkirim yang harus ada sebagai daftar akun di program accurate dekstop.

Akun ini diatur jika Anda membuat master barang, tepatnya pada tabulasi akun-akun. Atau bisa Anda jumpai pada modul : Persiapan (setup) | Preferensi (preference) | Akun Default Barang ( Default acc. item) seperti yang tampak pada gambar di bawah ini :

Akun barang terkirim ini diperuntukkan jika ada transaksi Pengiriman Barang lalu dilanjutkan dengan transaksi Faktur Penjualan. Pada modul pengiriman barang, jurnal yang terbentuk yaitu Barang Terkirim (Dr) pada Persediaan (Cr). Dan setelah terjadi faktur penjualan atas pengiriman barang ini, maka jurnal yang terbentuk yaitu : Harga Pokok Penjualan (Dr) pada Barang Terkirim (Cr).

Pertanyaannya : nilai yang terbentuk saat terjadi barang terkirim asalnya dari mana?

Untuk nilai yang terjadi pada akun barang terkirim yaitu dari nilai modal barang tersebut berdasarkan metode persediaan yang Anda pilih saat pertama kali pembuatan database accurate software yang versi dekstop. Jika metode yang Anda pilih avarage maka nilai yang terbentuk dengan stok yang tersedia akan di rata-ratakan. Nilai tersebutlah yang diangkat ke dalam proses akun barang terkirim. Begitu juga jika metode persediaan nya FIFO (First In First Out). Nilai yang terangkat pada proses akun barang terkirim juga secara fifo.

Nah permasalahannya tipe akun barang terkirim ini adalah Persediaan. Sehingga jika Anda melakukan transaksi pengiriman barang, pengaruhnya hanya di laporan Neraca saja. Jika dikaitkan dengan transaksi faktur penjualan yang terjadi pada periode yang berbeda dengan proses pengiriman barang, maka HPP barang diakui pada periode faktur penjualan terbentuk. Jadi bisa dikatakan, pada program Accurate, kapan adanya pengakuan penjualan, maka hpp diakui juga pada saat itu. Bukan pada saat persediaan barang tersebut keluar.

Anda bisa melihat laporan pengakuan nilai untuk akun barang terkirim ini dari : Laporan | Daftar Laporan | Persediaan | Rincian Valuasi Persediaan.

Jika metode persediaan Anda : Fifo, maka nilainya Anda bisa lihat dari laporan :  Rincian Valuasi Persediaan (FIFO).

 

Penulis :

Marketing resmi accurate : Dessi (085370838199)

Close Menu