Hal-hal yang perlu disiapkan untuk memulai transaksi RAB

Rencana Anggaran Biaya adalah transaksi mencatat anggaran perencaan pekerjaan untuk proyek. Pencatatan ini berdasarkan nilai anggaran yang sudah disepakati.

Pada program Accurate 5 Deluxe Edition memiliki modul Proyek Kontraktor dengan kegunaannya antara lain :

  • Memudahkan pencatatan aktivitas proyek yang sedang dikerjakan, yaitu dengan adanya formulir-formulir yang telah disediakan.
  • Anda dapat melihat perkembangan proyek sejauh mana
  • Anda dapat melihat Laporan Aktual pada saat proyek sedang berlangsung.
  • Tersedianya perhitungan deviasi harga pokok proyek yang dicatat secara realtime.
  • Anda dapat mengontrol bahan baku yang dikeluarkan.

Biasanya untuk mengantisipasi kejadian tidak diharapkan, perlu adanya Rencana Anggaran Biaya (RAB) dilakukan sebelum Anda menjalankan suatu proyek.

Buatlah RAB yang berisikan perkiraan biaya pengeluaran pembangunan serta tenggat yang dibutuhkan. RAB itu sangat penting. Bisa digunakan sebagai bahan acuan pemborong, tukang, dan kontraktor untuk melakukan aktivitas proyek.

Apabila dikupas lebih lanjut, biaya-biaya yang dapat diperkirakan di dalam RAB meliputi biaya persiapannya, biaya materialnya bahkan sampai ke biaya pekerjanya dalam suatu pekerjaan proyek. Termasuk juga dengan biaya tak terduga dalam pengerjaan struktur proyeknya. Biaya lainnya seperti biaya jasa tenanga ahli ataupun biaya untuk penunjang juga harus bisa diperhitungkan.

Semakin rinci daftar rencana pengeluaran biaya bangunan dan renovasi, semakin kecil pula pengeluaran dana yang tidak perlu. Kualitas dan jumlah material yang digunakan pun semakin dapat diprediksi sehingga mampu meminimalkan jumlah bahan bangunan tak terpakai.

Selain urusan dana, ketepatan waktu dalam menyelesaikan pengerjaan proyek juga harus diperhatikan. Oleh karena itu tingkat pengontrolan juga harus baik. Begitu pula dengan masalah lainnya, seperti stok bahan material dan kualitas yang didapat. Melalui acuan RAB, bahan material bisa didapat sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan dan dengan harga yang sudah bisa diprediksi. Tidak ada lagi istilah material datang terlambat atau kehabisan stok. Jika materialnya terlambat maka proses pengerjaan terhadap suatu proyek akan terganggu. Belum lagi ditambah cuaca yang sulit diprediksi.

Ini semua pencatatannya bisa terbaca dan disajikan rincian laporannya di dalam program Accurate yang dijual resmi oleh Accurate Sumatera di nomor : 085370838199.

 

 

Close Menu