Trik Sederhana Memisahkan Rekening Gaji dan Modal Usaha

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana memisahkan antara rekening gaji dan modal usaha. Walaupun anda bukan basic keuangan, namun langkah berikut ini mudah untuk diikuti. Berikut akan dijelaskan trik – triknya.

Trik #1: Buat Rekening Berbeda

Langkah pertama tentu anda harus pisahkan mana rekening gaji dan modal usaha. Sehingga dengan dipisahkan kedua rekening tersebut anda dapat lebih memudahkan memisahkan arus keuangan pribadi dan usaha dengan jelas. Anda dapat menggunakan bank yang berbeda antar satu dengan lainnya. Anda dapat menentukan bank mana yang lebih cocok untuk probadi dan usaha sesuai fasilias yang diberikan.

Trik #2: Simpan Semua Bukti Transaksi Secara Terpisah

Simpanlah bukti – bukti transaksi anda untuk keperluan pribadi dan usaha di tempat yang terpisah. Tujuannya agar pencatatan anda bisa lebih mudah. Anda dapat memisahkannya pada dompet berbeda. simpanlah seluruh bukti transaksi baik dari kartu ATM ataupun uang cash di dompet yang terpisah.

Trik #3: Jangan Bawa ATM atau Kartu Kredit Tabungan Saat Jalan-jalan

Pada saat anda sedang berlibur dan tidak sedang jalankan bisnis. Sebaiknya anda tidak membawa ATM perusahaan. Hali ini dengan tujuan agar anda disiplin dalam menjaga keuangan perusahaan agar tidak terpakai untuk kepentingan pribadi. Penting untuk diketahui bahwa anda juga tidak boleh ringan tangan mengambil uang perusahaan untuk kepentingan konsumtif. Pada awal mula akan di ambil sedikit, Lama kelamaan akan terambil nominal yang besar. Kebiasaan ini tentu akan membahayakan keuangan perusahaan anda. Maka dari itu harus dihilangkan kebiasaan buruk ini.

Trik #4: Buat Rencana yang Jelas dan Terukur

Lakukan analisa terhadap keinginan yang ingin anda capai supaya anda bisa menyusun rencana yang baik. Buat analisa serinci mungkin dan perkirakan langkah mana yang paling tepat untuk dijadikan pedoman. Tujuannya agar dapat dicapai dengan terencana. Maka dar itu, mulai dari sekarang untuk bisa memproyeksikan hasil yang ingin dicapai.

Trik #5: Bersikap Profesional

Apabila anda sudah berhasil memisahkan kuangan pribadi dgn keuangan usaha. Lakukanlah langkah lainnya secara profesional. Seperti menghargai karyawan meskipun anda menggajinya. Hal sekecil itu perlu diperhatikan karena bisnis itu bukan kerja anda seorang diri. Dengan menghargai karyawan, kinerja mereka akan meningkat dan berdampak baik pada usaha anda

Trik #6: Konsultasikan Pada Ahli Keuangan

Apabila anda sulit untu memisahkan uang pribadi dan usaha anda. Anda dapat meminta bantuan ahli keuangan. Dengan bantuan yang profesional akan dapat membereskan masalah keuangan usaha anda.

Trik 7: Selalu Pastikan Ada Dana Darurat

Dana darurat yang bersifat cadangan harus ada, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, Pisahkan dana darurat milik usaha dan pribadi. Pastikan jumlahnya bisa diatasi pada saat genting.

 

Close Menu