Import Saldo Awal Dari Excel Ke Program Accurate

Saldo awal merupakan nilai laporan keuangan yang terbentuk di awal periode.  Untuk memulai penggunaan program pembukuan, yang paling utama saldo awal harus ada,  jika perusahaan Anda sudah berjalan lama operasionalnya.

Saldo awal ini berisikan data-data yang membentuk laporan keuangan,  yaitu Neraca dan Laba Rugi.  Terkhusus pada program Accurate,  data rincian neraca pembentuk persediaan,  hutang,  piutang, dan aktiva tetap harus ada rinciannya.  Dan rinciannya ini bisa langsung diimport ke dalam program accurate. Namun dengan medianya yaitu Excel.

Namun sebelum itu, Anda harus menentukan terlebih dahulu tanggal saldo awal Anda. Selanjutnya data-data Anda kumpulkan saldo per tanggal yang sudah Anda tentukan tadi.

Untuk perusahaan yang sudah berjalan yang perlu disiapkan saldo awalnya yaitu :

1. Akun Perkiraan.

Yah di accurate software yang dijual resmi oleh agennya yang juga resmi yaitu Accurate Medan di nomor : 085370838199, juga memiliki akun standart jika selama ini pembukuan perusahaan Anda belum ada. Namun setidaknya Anda harus memiliki saldo awal kas dan bank Anda. Dan jika perusahaan Anda sudah memiliki akun perkiraan, maka tuangkan dalam bentuk excel dengan format seperti gambar di bawah ini :

Untuk tipe akun sudah ditentukan dalam program accurate. Dan tipe akun inilah yang nantinya membentuk laporan keuangan yang ada di dalam program tersebut.

 

2. Persediaan.

Untuk perusahaan Anda yang sudah berjalan pastinya sudah memiliki sisa stok. Maka ini  juga bisa diimport ke dalam program accurate dengan format berdasarkan gambar di bawah ini :

Jika persediaannya mau dirincikan stok per gudangnya, maka Anda perlu memunculkan 1 kolom baru untuk nama gudangnya. Dan setiap barisnya menentukan kuantitas per gudangnya.

3. Daftar Piutang.

Untuk semua nama customer dengan data-datanya bisa juga diimport melalui media excel dengan format seperti yang ada di gambar di bawah ini :

Jika Anda mau merincikan sisa piutang per faktur nya, maka Anda harus memasukkan nama pelanggannya per baris dengan kolom nomor faktur dan nilainya.

4. Daftar Hutang

Semua data hutang pembelian Anda bisa masukkan ke dalam program Accurate dengan format excel seperti di bawah ini :

Demikian juga untuk sisa hutangnya, jika Anda ingin menjabarkan hutang per faktur, Anda harus memasukkan per barisnya nomor faktur, tanggal faktur dan nilainya.

Close Menu