Fungsi Rekonsiliasi Bank Untuk Perusahaan Anda

Rekonsiliasi merupakan tindakan pencocokan antara transaksi kas atau bank secara nyata dengan transaksi yang sudah terinput di program.

Bahan yang di rekonsiliasi ada 2 yaitu rekonsiliasi kas dan rekonsiliasi bank. Terkadang rekonsiliasi kas jarang dilakukan karena bukti kas langsung di print dari program. Zaman sekarang penggunaan buku kas tidak terlalu penting untuk dilakukan. Beda halnya dengan rekonsiliasi bank yang tiap bulan itu pasti ada. Rekonsiliasi bank dilakukan dari petunjuk rekening koran bank dengan periode yang diminta.

Namun kedua hal itu tetap bisa dilakukan dari program accurate yang dijual resmi oleh agen Accurate Sumatera Utara di nomor : 085370838199. Transaksi ini bisa dinput dengan cara : Kas Bank | Rekonsiliasi Bank.

Pilih akun perkiraan yang tipenya kas bank yang ingin Anda rekonsiliasi pada bagian “Akun Bank”. Setelah itu masukkan saldo rekening koran nya. Saldo rekening disini artinya saldo untuk bukti yang ingin direkonsiliasi. Masukkan tanggal rekonsiliasinya. Dan untuk transaksi nya, akan masuk semua ke daftar setelah Anda klik gambarnya. Centang lah setiap transaksinya jika transaksi tersebut memang benar-benar ada.

Setelah semua selesai, Anda klik simpan dan tutup.

Jika transaksinya belum tercentang maka dianggap transaksi tersebut akan muncul ke tanggal berikutnya. Dan jika sudah tercentang, transaksi tersebut akan tidak tampak lagi pada rekonsiliasi berikutnya. Jadi keuangan Anda bisa terpantau dengan detail.

Untuk laporannya sendiri bisa Anda lihat dari menu Laporan | Daftar Laporan. Akan muncul 256 laporan, mulai dari laporan keuangan sampai ke laporan pajak.

Sebagai informasi tambahan, program Accurate juga membantu Anda untuk masalah yang berkaitan dengan pajak. Untuk proses Efaktur nya, Anda tidak perlu menginput lagi satu per satu. Dengan program Accurate, Anda cukup mengeksport transaksi yang berhubungan dengan pajak, lalu melalui program DJP (Direktorat Jendral Pajak) Anda cukup melakukan transaksi eksport data dan di program DJP nya Anda cukup melakukan transaksi import berdasarkan filenya.

Di program Accurate juga bisa membantu Anda dalam pencatatan ke ESpt. Yang penting saat pembentukan akun, akan terlihat tombol pajak. Hal ini lah yang hendak di tunggu dengan sabar.

Close Menu