Cara Penginputan Uang Muka Penjualan

Uang muka penjualan adalah uang yang diterima diawal oleh si penjual dari seorang pembeli. Biasanya ini dilakukan berfungsi untuk mengikat harga jual barang agar tidak terjadi kenaikan harga jual.

Pencatatan uang muka ini juga bisa dilakukan di program accurate. Pencatatan nya diawali dengan penginputan master uang mukanya dari modul : Persediaan | Barang dan Jasa | Baru. Tipe barang yang harus dipilh adalah non persediaan dan kode barang nya harus -1.

Setelah itu untuk penginputan transaksinya dari modul Penjualan | Faktur Penjualan. Masukkan nama pelanggan nya. Isi nomor fakturnya. Pada bagian barang, pilih nama barang si -1 alias “down payment”. Di bagian kuantitas isi nilainya 1. Lalu di bagian unit price nya masukkan nilai harga jualnya. Setelah semua selesai, klik “terima bayaran” pada bagian atas.

Saat Anda klik “terima bayaran”, akan muncul modul baru yaitu penerimaan penjualan. Kondisinya faktur uang mukanya sudah dalam keadaan tercentang. Tinggal Anda pilih akun kas dan bank nya yang menerima fisik dana uang muka tersebut. Setelah selesai klik simpan dan tutup.

Untuk memotong uang muka untuk faktur barang yaitu dengan cara memunculkan faktur penjualan barang. Pilih barang yang hendak mau dijual. Lalu pada bagian samping nama pelanggan ada tombol pilih pengiriman, Anda centang tanda panahnya dan pilih lah “pilih uang muka”. Akan muncul nomor faktur uang muka yang tadi input. Setelah dipilih pada bagian tabulasi uang muka akan berisi uang umpan yang Anda pilih.

Jika nilai barangnya lebih besar dari nilai uang muka, maka selisihnya secara otomatis sebagai piutang usaha dalam keadaan positif. Dan jika nilai barang lebih kecil dari nilai uang muka maka Anda bisa melakukan 2 hal, yaitu : 1. Anda biarkan maka muncul piutang dalam keadaan minus senilai selisih uang muka nya. 2. Anda bisa menyesuaikan nilai uang muka sama dengan nilai faktur barangnya dan Accurate menganggap masih bersisa uang mukanya.

Demikianlah Accurate membantu pencatatan transaksi Anda. Untuk hal ini, masih banyak manfaat Accurate yang bisa membantu Anda. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda bisa menghubungi agen resmi di nomor : 085370838199.

Close Menu