Kesalahan Penyebab Kegagalan Distributor

Banyak keuntungan yang didapat dari usaha distributor atau agen. Tidak dapat dipungkiri usaha distributor makin berkembang saat ini. Namun usaha distributor memiliki tingkat kerumitan sederhana dalam mejalankanya. Yaitu bagaimana menjembatani antara produsen dan konsumennya saja.

ada berbagai macam untuk menjadi usaha distributor, mulai dari agen industri atau rumah tangga seperti bahan bakar gas. Menjadi distributor sembako, makanan atau minumaan, produk jadi lainnya

Namun usaha distributor dengan keuntungan yang lumayan. Distributor juga memiliki berbagai macam resiko untuk mengalami kebrangkutan. pada artikel ini akan dibahas berbagai kesalahan yang dilakukan oleh pelaku distributor sehingga mengalami kebrangkutan.

kegagalan distributor

Kesalahan Penyebab Kegagalan Distributor

  • Gagal Menganalisa Kebutuhan Pasar

Pelaku distributor harus mengetahui kebutuhan pasar. Bisa menganalisa pasar kira – kira pasar butuhnya sebesar apa. Kegagalaan akan menganalisa kebutuhan pasar, akan menyebabkan overstok yang meyebabkan kelebihan barang yang dijual sehingga mengendap lama di gudang ini. Atau juga kekurangan stok di saat pasar butuh anda tidak memiliki ketersediaan stok. hal ini akan mengganggu kelancaran usaha distributor anda.

  • Kalah Dalam Persaingan Harga

Harga menjadi poin terpenting dalam persaingan harga. para pelaku distributor harus berani dalam menentukan harga. Bisa saja anda memiliki banyak kompetitor yang menjual barang yang sama. Bisa jadi memiliki harga barang yang lebih murah. Harga jual bisa saja lebih murah tapi tingkat perputaran yang liquid (lancar).

Tidak dapat dipungkiri kegagalan distributor dalam usaha distributor karena tidak sanggup dalam menahan laju kenaikan harga. Tinggi persaingan bisa saja membuat konsumen pindah ke lain distributor yang memiliki keunggulan dalam harga.

kegagalan distributor

  • Bermain-Main dengan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan dalam usaha distributor adalah hal yang terpenting. Anda jangan main dengan kepercaraya pelanggan. harus tetap dijaga dengan baik. Anda harus tetap menjaga kualitas barang dari pabrik sampai ke tangan konsumen. Janji pelayanan yang anda berikan jangan diingkari. Karena hal sekecil apapun akan selalu diingat oleh customer. Untuk itu perlu dijaga agar tercipta hubungan baik jangka panjang. Sehingga akan segan konsumen untuk berpindah ke distributor lain.

  • Menerapkan Pemikiran Sambilan

Distributor merupakan jembatan antara produsen dan konsumen atau lebih dikenal dengan vendor. Untuk distributor memang tidak perlu memikirkan kualitas dari bahan baku sampai ke barang jadi. Hanya ke penyalurannya saja. Karena hanya sebagai penyalur saja, terkadang distributor hanya menganggap sebagai kerja sambilan saja. Sehingga kadang sering tidak fokus untuk melayani customer.

  • Tidak Disiplin Pada Pembukuan

Perlunya untuk membuat pembukuan, untuk mengontrol profit dan cost dalam menjalankan bisnis. Dan dapat melihat perputran sto, nilai HPP. Sehingga perusahaan dapat mengontrol dan lebih efisiensi untuk melakukan pengeluran dan biaya yang terjadi.

Close Menu