Metode Penyusunan Laporan Arus Kas Secara Langsung

Hai, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang metode Penyusutan Laporan Arus Kas Secara Langsung

Bagi anda yang pernah mendengar metode penyusunan laporan arus kas, anda tentu sudah tau kalo laporan arus kas merupakan laporan penting dalam perusahaan. Laporan arus kas akan menampilkan pengaruh kas yang berasal dari kegiatan operasional, invenstasi, pembiayaan dan pendanaan perusahaan dalam satu periode akuntansi.

Secara rinci laporan arus kas harus menampilkan aliran dana kas masuk dan keluar dalam satu periode tertentu. Dan perlu pengklarifikasikan menurut aktivitas investasi, pembiayaan, operasional dan pendanaan. Untuk itu diperlukan metode dalam penyusunan laporan arus kas. Sehingga anda tidak kesulitan dalam menyelesaikan laporan arus kas.

Metode Penyusunan arus kas terdiriri dari dua metode yaitu laporan arus Langsung dan tidak langsung. Perbedaan dari kedua metode tersebut hanya dari segi aktivitas operasional dan pedanaan.

  • METODE LANGSUNG

laporan arus kas

Keunggulan dari metode ini yaitu anda dapat mengetahui sumber penggunaan kas dalam laporan arus kas. kelemahannya seringkali sulit untuk mendapatkan datanya dan biasanya berbiaya mahal.

Metode langsung lebih mudah untuk dimengerti dengan mengolongan kategori utama dari aktivitas operasi. Sehingga perusahaan akan lebih jelas untuk mengambilkan keputusan. Penggolongan dari aktivitas operasi dibagi menjadi beberapa kegiatan utama seperti bagian dari beban, keuntungan, Hutang, Piutang yang masuk dan keluar dari kegiatasi operasi.

Sumber data untuk metode pembuatan laporan metode langsung yaitu berasal dari buku kas bank harian, Buku Kas Kecil. Untuk caranya ada 4 langkah yaitu Rekening koran, Pemeriksaan silang antara buku kas dan bank, Buku kas kecil dan Bonggol Cek.

Lalu hapuslah transaksi silang antar buku kas, kemudian klasifikasi semua jenis pengeluaran dan pemasukan ke kategori aktifitas operasi pengeluran dan pemasukan. Untuk melakukannya memang akan lebih baik jika sudah selesai dicatat semua. pengerjaanya memang membutuhkan waktu. Namun jika dari awal sudah dikerjakan setiap hari, tentu akan terasa lebih ringan

 

Akan lebih mudah lagi jika anda mengerjakan dengan menggunakan program akuntansi. Seperti program accurate, Accurate menyajikan metode langsung dari setiap penginputan transaksi kas dan bank. Sehingga perkerjaan anda akan terasa jauh lebih ringan.

Close Menu