Penginputan Mundur di Dalam Program Accurate

Penginputan mundur artinya transaksinya sudah terjadi di waktu yang lalu namun terinput ke dalam program accuratenya setelah beberapa hari kemudian.

Penginputan mundur bisa saja terjadi, apalagi ketika program accurate digunakan di pertengahan tahun. Dan di accurate ini bisa dilakukan juga. Kelebihannya pada program accurate terlihat kapan usernya menginput transaksi tersebut.

Namun untuk beberapa transaksi tertentu, penginputan mundur ini harus diperhatikan. Adapun transaksinya yaitu :

  1. Transaksi persediaan. Jika transaksi ini melebihi periode maka proses nya harus transaksi pembelian terlebih dahulu lalu pengimputan nya penjualan. Karena ini bisa mempengaruhi akun hpp persediaannya.
  2. Pencatatan modul produksi. Pada modul produksi, proses pembelian hanya boleh diinput dalam 1 periode lalu diinput produksinya. Yah jika material dan biayanya tidak memiliki harga standart edition.

Kali ini kita membahas mengapa penginputan produksi tidak boleh input tanggal mundur jika prosesnya tidak memiliki harga standar.

Pada dasarnya modul produksi pada bagian Work Order (WO) mengambil nilai dari nilai standar dan nilai trakhir barang. WO ini sering dianggap sebagai Surat Perintah Kerja (SPK). Dan ketika WO ini sudah terbentuk maka nilai yang terbentuk nantinya akan menjadi nilai yang diadopsi ke persediaan barang jadinya.

Pada modul produksi terdapat modul pengeluaran bahan baku. Nilai persediaan yang keluar adalah nilai barang tergantung dengan metode persediaannya. Dan metode persediaan yang bisa dipilih yaitu avarage dan Fifo. Dipilih saat pertama kali pembentukan database dan tak bisa diganti lagi kecuali proses tutup buku perusahaan.

Nah jika ada perbedaan nilai antara nilai yang terbentuk di modul WO dengan nilai yang terbentuk di Pengeluaran Bahan Baku mengakibatkan timbul nilai di akun variance. Nah jika nilai yang di WO tidak memakai nilai standar maka setiap barang yang di beli harus dilakukan proses WO agar nilai barang tersebut yang menjadi nilai di pengeluaran bahan baku. Jangan sampai Anda menginput proses tanggal mundur untuk pembelian terlebih dahulu secara menyeluruh lalu Anda input produksi. Jika Anda lakukan maka nilai yang diambil adalah nilai yang trakhir.

Close Menu