Depresiasi / Penyusutan Aktiva Tetap

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang depresiasi aktiva. Ada 3 metode depresiasi atau penyusutan dalam perhitungan depresiasi aktiva. Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang depresiasi aktiva. Akan saya jelaskan terlebih dahulu. Apa itu pengertian dari depresiasi itu sendiri.

Depresiasi dalam hal ekonomi yaitu penurunan nilai mata uang dalam negri yang disebabkan oleh pergerakan perdagangan dalam negri. Sementera dalam akuntansi yaitu nilai perolehan atas pembelian aktiva. Nilai tersebut akan dibebankan dalam setiap bulan sesuai dengan jumlah tahun penyusutan.

Fungsi dari depresisi agar dapat menentukan aliran dana kas setelah pajak penghasilan.

Depresiasi Aktiva Tetap

Perhitungan depresiasi dapat dihitung dengan 2 cara, yaitu

  1. Metode fisik yang meliputi
  • Metode garis lurus (straight-line, SL)
  • Metode sum-ot-the-years-digits (SYD)
  • Metode declining balance (DB)
  1. Sistem perolehan biaya yang termodifikasi dipercepat (Modified Accelerated Cost Recovery System, MACRS).

Namun pada kali ini saya akan membahas perhitungan depresiasi dengan metode fisik, Hal ini dikarenakan metode inilah sering dipakai secara umum.

1. Metode garis lurus (straight-line, SL)

Metode ini yaitu dengan membagi secara tetap dari total nilai aset dibagi umur tahun manfaatnya.

Cara Penyusutan :

  • ┬áLinier
  • ┬áCembung
  • ┬áCekung

2. Garis Lurus (Linier)/Straight Line Depreciation

Bila penyusutannya menggunakan garis lurus untuk sebagian dari suatu periode. Maka dapat dilakukan dengan menggunakan dari jumlah angka tahun dibagi dengan cara :

  • Menghitung jumlah tahun dalam depresiasi.
  • Mengalokasikan atau membagi depresiasi tahunan tersebut ke masing periode berdasrkan waktu tersebut.

3. Metode Declining Balance

Disebut juga dengan metode saldo menurun atau persentasi konstan. Besar penyusutan dari awal periode akan menurun dari nilai awal buku tahun. Masuk ke periode berikutnya nilai buku akan semakin kecil dari nilai sebelumnya dengan mengalikan nilai buku tahun sebelumnya dengan faktor yang lebih kecil dari yang sebelumnya.

Seiring dengan berjalannya waktu nilai dari depresiasi tersebut akan semakin kecil. Satu – satunya perhitungan penyusutan yang Nilai sisa atau nilai residu tidak diikutkan dalam perhitungan penyusutan depresiasi.

Agar anda lebih mudah menghitung nilai penyusutan anda lebih mudah gunakanlah software akuntansi yang dapat mengalokasi nilai aset anda secara otomatis. Tanpa perlu manual untuk menghitungnya. Accurate menggunakan dua metode yaitu garis lurus dan saldo menurun.

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 082161888730 manda (marketing resmi accurate).

 

Close Menu