Melakukan Transaksi Retur Pembelian dan Penjualan Hanya Nilainya Saja

Mungkin anda pernah melakukan “Retur Penjualan” dimana pelanggan anda hanya meretur nilainya saja tanpa perlu meretur barangnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja karena mempertimbangkan ongkos kirim yang lebih besar dari pada barang yang diretur.

Melakukan Transaksi Retur Pembelian dan Penjualan Hanya Nilainya Saja

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menginputnya di Program accurate :

  1. Buatlah barang baru dari Persediaan – barang dan jasa – baru. Pilih tipe  “non persediaan” dengan nama retur penjualan dan di tab akun – akun alihkan ke akun Retur Penjualan.
    retur pembelian
  2. Aftifkan dapat mereter barang apa saja dari menu persiapan – preferensi – penjualan / pembelian centang dapat mereturkan barang apa saja, kemudian – klik OK.
  3. retur penjualan
  4. Input retur penjualan dari aktivitas | Penjualan | Retur penjualan. Lalu pilih nama pelanggan, dibagian no.faktur pilih nihil.
  5. Pilih Barang menggunakan barang sudah kita buat di point pertama. Lalu isikan nominalnya. kemudian klik tombol dan simpan.
  6. Selanjutnya untuk mengembalikan uangnya dari menu aktivitas | Penjualan | Penerimaan penjualan, pilih nama pelangganya maka otomatis akan menampilkan faktur dengan nilai minus sebesar nominal yang di retur di Retur penjualan.

Berikut langkah-langkah melakukan melakukan Retur Pembelian dengan hanya mengembalikan nilai nominalnya adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah barang baru dari Persediaan – barang dan jasa – baru, pilih tipe  “non persediaan” dengan nama retur pembelian dan di tab akun – akun alihkan ke akun Retur Pembelian.
  2. Aftifkan dapat mereter barang apa saja dari menu persiapan – preferensi – penjualan / pembelian centang dapat mereturkan barang apa saja, kemudian – klik OK.
  3. Input retur penjualan dari aktivitas – Pembelian – Retur pembelian, lalu pilih nama pelanggan, dibagian no.faktur pilih nihil.
  4. Pilih Barang menggunakan barang sudah kita buat di point pertama, lalu isikan nominalnya. kemudian klik tombol dan simpan.
  5. Selanjutnya untuk mengembalikan uangnya dari menu aktivitas | Pembelian | Pembayaran Pembelian, pilih nama pelangganya maka otomatis akan menampilkan faktur dengan nilai minus sebesar nominal yang di retur di Retur pembelian.

Untuk informasi mengenai accurate anda dapat menghubungi

082161888730 manda (marketing accurate)

untuk mencoba trialnya silahkan untuk download trialnya gratis disini.

Close Menu