Fungsi Akun Realize dan Akun Unrealize Mata Uang Asing

Pada program accurate terdapat akun realize dan akun unrealize di dalam settingan akun default mata uang. Apa fungsi akun ini? Kenapa harus ada?

Transaksi di dalam program Accurate bisa untuk transaksi yang bermata uang asing. Jadi setiap penginputan terjadi pencatatan nilai kurs. Dan di setiap akhir bulan harus dilakukan proses akhir bulan. Ini berfungsi untuk penilaian terhadap mata uang default dari laporan keuangan.

Pada bagian akun default mata uang, terdapat akun terealisasi dan akun tak terealisasi. Untuk perusahaan Anda yang memiliki transaksi mata uang asing, akun ini harus Anda atur.

Laba rugi terealisasi.

Akun ini berfungsi untuk menampung selisih kurs yang berhubungan dengan kas dan bank. Nilai yang di dalam nya terjadi jika :

  1. Nilai kurs pada saat melakukan faktur penjualan dengan nilai kurs yang pada saat transaksi penerimaan penjualan terjadi perbedaan
  2. Nilai kurs saat Anda melakukan faktur pembelian berbeda dengan nilai kurs pada saat Anda melakukan transaksi pembayaran pembelian.
  3. Ada perbedaan nilai kurs saat transaksi kas dan bank dengan nilai kurs saat kas dan bank ini hendak dihitung nilai rupiah nya saat terjadi proses akhir bulan.

 

Laba rugi tak terealisasi.

Akun ini berfungsi untuk menampung selisih kurs yang berhubungan dengan hutang piutang. Nilai yang terbentuk di dalam akun ini akan terjadi jika pada akhir bulan ada perbedaan nilai kurs antara nilai kurs saat transaksi dengan nilai kurs proses akhir bulan.

 

Yah diwajibkan untuk Anda melakukan proses akhir bulan jika transaksi Anda menggunakan mata uang asing. Untuk jurnal penyesuaian nilai kurs yang diperoleh dari proses akhir bulan bisa Anda lihat dan koreksi dari modul : Daftar | Buku Besar | Bukti Jurnal Umum.

Saat terbuka, Anda uncentang filter tanggalnya dan pada bagian tipe nya centanglah “akhir periode”. Nanti akan dimunculkan semua transaksinya. Dari sini Anda masih bisa mengedit jurnalnya dengan cara double klik jurnal yang ingin Anda edit dan rubahlah jurnalnya. Jika Anda ingin mengeditnya, Anda tetap harus memperhatikan balance jurnalnya.

Close Menu