Variance Produksi Pada Accurate 5 Enterprise

Produksi adalah proses menjadikan satu atau lebih barang dengan tambahan biaya menjadi barang baru. Dan modul produksi ini di aplikasikan di program Accurate 5 Enterprise Edition.

Adapun tampilan program produksi pada Accurate 5 Enterprise Edition terlihat pada gambar di bawah ini :

Untuk memulai proses ini, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu formula produksi yang didasarkan pada harga standart bahan dan biaya standart untuk biaya langsungnya. Setelah itu Anda bisa proses perintah kerja atau yang sering disebut dengan SPK untuk memulai produksinya. Setelah itu potonglah bahan baku nya dengan penginputan melalui modul pengeluaran bahan baku. Lalu hasilnya ataupun pengembalian barang sisa nya Anda input dari modul “Produk & Bahan Baku Keluaran”.

Kumpulan harga standart dan biaya standart akan membentuk nilai persediaan barang jadi. Dan jika harga real nya tidak sama dengan harga standart nya maka mengakibatkan variance. Jadi kesimpulannya variance adalah selisih harga antara nilai yang terbentuk di Work Order (Perintah Kerja) dengan nilai realnya.

Untuk nilai ini bisa Anda alokasikan ke produksi dengan cara : pada saat membuat akun variance, Anda perlu mencentang “alokasi ke produksi”. Jadi, nanti nilainya ditambahkan ke dalam produksi tersebut.

Sedangkan untuk biaya langsung nantinya akan dihitung pada saat proses akhir bulan. Persentase pengalokasiannya bisa Anda atur. Dan program accurate 5 enterprise akan menghitungnya.

Demikianlah kemudahan program accurate membantu pembukuan Anda terkhususnya pada bagian produksinya. Untuk laporannya Anda bisa cek dari Laporan | Daftar Laporan | Laporan Produksi.

Kelebihan lain dari program ini antara lain : bisa dikontrol persediaan Anda, bisa kontrol piutang Anda, bisa dikontrol Hutang Anda, bahkan bisa juga membantu Anda dalam hal perpajakan Anda. Di dalam program Accurate, Anda input transaksi penjualan dan pembelian yang dikenakkan pajak dan nantinya Anda eksport dan di dalam program EfakturĀ  Anda tinggal import PPN Masukan dan PPN Keluarannya.

Namun untuk penjurnalannya, Anda harus input di modul Buku Besar | Bukti Jurnal Umum. Anda sediakan terlebih dahulu akun penampung untuk kurang bayar PPN nya dan jurnal lah ke akun tersebut.

Close Menu