Bagaimana Mengecek Selisih Kurs

Anda menggunakan kurs mata uang asing tentu di laba rugi ada muncul yang namanya Unrealize Gain / Loss yang kelihatan lebih besar atau lebih kecil dari biasanya :

Mengecek Selisih Kurs

Langkah 1

Carilah transaksi yang dominan mempengaruhi saldo relize and unrelize gain/loss.  untuk mencarinya dapat dari menu daftar Рdaftar akun Рklik kanan di baris akun Relize atau Unrelize Gain / Loss pilih Histori. Maka akan menampilkan history akun. Anda dapat memfilter tanggal untuk mencari transaksi yang menimbulkan selisih tidak wajar.

Jika ada nilai di akun unrelize, bisa dipastikan hal itu berasal dari Period End. Jika nilai dari akun Realize bisa jadi dari transaksi selain periode misalnya dari transaksi pembayaran pembelian atau penerimaan penjualan.

Langkah 2

Jika anda menemukan transaksi penyebab saldonya berupa penerimaan penjualan atau pembayaran pembelian. Cek Rate / kurs mata uangnya, Apakah sudah sesuai? dari tampilan histori akun, Anda tinggal mendouble klik di baris transaksi tersebut lalu lihatlah nilai kurs tersebut. Untuk pelangan atau supplier mata uang asing. Jika Rate terisi 1 maka anda perlu mengganti ratenya sesuai dengan rate yang seharusnya.

Bila Kursnya sudah benar lihat lagi transaksi di faktur penjualan dan pembelian yang sudah dilunasi. Catat dahulu no faktur yang sudah dilunasi dan Daftar faktur pembelian dari menu daftar – pembelian – faktur pembelian, untuk Faktur penjualan dari daftar – penjualan – faktur penjualan. setelah itu lihat kembali pelunasan Fakturnya untuk diperbaiki. klik ubah lalu ketik ulang tanggal transaksinya kemudian simpan tutup. otomatis terjunal ulang.

Langkah 3

Jika transaksi penyebab saldo jadi besar berasal dari Period End, kita kembali ke daftar РBuku besar РBukti jurnal umum. centang period end di tipe transaksinya. lalu Filter tanggal untuk ganti periode yang dimaksud. Atau anda bisa membuang centang filter tanggal tersebut.  klik kanan Рubah. Perhatikan pasangan jurnal dari akun mata uang asing yang menyebabkan saldo besar di akun relize unrelizenya.

Langkah 4

Sesudah mengetahui transasksi akun mata uang asing mana yang menyebabkan selisih kurs besar. Selanjutnya cek jurnalnya dari menu laporan – buku besar – keseluruhan jurnal – mofidifikasi – centang rate, debit prime dan kredit prime buang kolom yang lain hanya centang tampilkan dan klik ok.

pastikan kurs sesuai dengan transaksi yang bersangkutan. Jika ada rate 1 perbaiki kursnya dan lakukan period end kembali.

Catatan : setelah anda melakukan 4 langkah di atas lakukanlah period end. Apabila hasil akun realize dan unrealize masih tidak wajar. berarti masih ada perubahan rate dari periode sebelumnya. lakukan 4 langkah di atas di tanggal yang lebih mundur. Dan periode end ulang lagi.

Close Menu