Cara Penginputan Produksi Dari Modul Job Coasting

Produksi merupakan sebuah perlakuan untuk merubah dari satu atau lebih bentuk barang sehingga menjadi barang baru. Proses ini dilakukan secara rutin dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Ada nilai jasa juga yang diproses saat melakukannya dan yang sering disebut dengan biaya langsung. Oleh karena itu, hal ini perlu dicatat secara detail. Dan karena ada nya pemakaian material yang dipakai secara rutin, maka tingkat kekhawatiran sangat besar.

Disini program Accurate yang dijual resmi oleh Accurate Sumatera di nomor WA : 085370838199, juga menyediakan untuk Anda modul produksi sederhana pada varian produknya yaitu Accurate 5 Standar Edition. Kenapa dikatakan  produksi sederhana, karena penginputan produksinya tidak memakai formula dan pencatatan standart cost untuk material dan biaya langsungnya seperti yang ada di varian Accurate yaitu Accurate 5 Enterprise Edition.

 

Penginputan produksi di job costing.

 

Penginputan produksi di Accurate Enterprise.

 

Tahapan cara penginputannya di modul job coasting yaitu :

  1. Anda buka program Accurate 5
  2. Masuk ke modul Persediaan | Pembiayaan Pesanan.
  3. Pilih job cost accountnya ke akun “Persediaan Dalam Proses”, jika belum ada akun tersebut maka Anda harus buat akun baru yang tipe akunnya : Persediaan, dan buat nama akunnya : Persediaan Dalam Proses.
  4. Pada bagian barang di bawah pilih nama barang nya. Barang disini merupakan barang yang menjadi bahan bakunya. Masukkan kuantitasnya dan nantinya nilai cost nya akan keluar secara otomatis.
  5. Jika ada biaya langsung yang hendak ditambahkan, maka klik tabulasi biaya dan pilih akun biaya langsung nilainya dan tambahkan jumlah nilainya.
  6. Setelah selesai klik simpan dan baru.
  7. Klik tanda panah hijau ke kiri yang terletak di bagian atas.
  8. Akan muncul penginputan yang tadi Anda sudah lakukan.
  9. Klik tombol “finishing” dan akan muncul 1 jendela yang baru.
  10. Jika yang dihasilkan barang, maka pilih tipe penyelesaian “to item”, dan bagian bawah pilih nama barang jadi dan masukkan kuantitasnya.
  11. Setelah oke, pilih Ok.

Nantinya di daftar stok akan bertambah kuantitas pada barang jadinya. Dan di bagian bahan bakunya, kuantitasnya berkurang senilai kuantitas yang dipakai pada proses produksi.

 

Close Menu