Penyesuaian stok jika data kuantitasnya selisih

Permasalahan stok acapkali menjadi hal yang umum dan disetiap perusahaan itu ada. Sehingga perlu adanya tindakan penyesuaian stok saat permasalahan itu ada. Saat ini apakah Anda demikian juga?

Penyesuaian stok harus dilakukan karena permasalahan :

  1. Barang yang dijual tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Contohnya : harusnya menjual barang A namun yang terpotong barang B.
  2. Adanya kelebihan pengambilan barang. Tidak sesuai antara kuantitas yang ada di data dengan pengeluaran kuantitas yang sebenarnya.
  3. Pengendapan barang sehingga barang tersebut dianggap sudah tidak ada.
  4. Perhitungan stok yang tidak tepat dan ini perlu dilakukan perhitungan yang berkali-kali.
  5. Kehilangan yang disengaja.

Oleh sebab penyebab permasalahan ini dibutuhkan sekali adanya program yang bisa membantu lacak barang dari mana dan keluar kemana. Pada program accurate dengan modul persediaannya, Anda dibantu dengan adanya serial number bahkan sampai kepada masa expied barangnya. Jika harus dilakukan penyesuaian stok maka di accurate software bisa dilakukan dari modul Persediaan | Penyesuaian Persediaan.

Pada modul penyesuaian stok ini terjadi 2 hal, yaitu selisih naik dan selisih turun. Oleh sebab itu caranya penyesuaian stoknya pun berbeda.

 

Jika penyesuaian stok naik.

Penyesuaian stok naik artinya jumlah kuantitas yang ada di program accurate lebih kecil dari pada kuantitas yang ada di lapangan. Cara penginputannya : masuk ke modul Persediaan | Penyesuaian Persediaan. Pilih akun “Adj.Account” nya : Pendapatan Lain (Boleh account lain asalkan tipe akunnya : pendapatan), centang “Value Adjustment”, Pilih item yang mau disesuaikan, Masukkan “new Qty” senilai total stok yang ada dilapangan, Masukkan “New Value” senilai total modal dari nilai stoknew qty nya. Lalu klik simpan tutup.

 

Jika penyesuaian stok turun.

Penyesuaian stok turun terjadi jika stok yang ada di accurate software lebih besar dibandingkan dengan stok yang ada pada lapangannya. Contohnya : Barang A di accurate ada 10 sedangkan di lapangan ada 5. Cara penginputannya di dalam program accurate yaitu : Masuk ke modul penyesuaian persediaan, pilih Adjustment Account nya : Beban Lain (Terserah mau dipilih akun apa, asalkan tipe akunnya : “Harga Pokok Persediaan”), value adjustment nya jangan dicentang, pilih nama barang yang mau di adjustment, masukkan jumlah stok yg dilapangan pada bagian “new qty” lalu pilih simpan dan tutup.

Jadi bisa disimpulkan, perbedaan penginputan antara penyesuaian terhadap kenaikan stok dan penurunan stok ada di :

  1. Adjustment Account. Pada kenaikan stok, adjustment stoknya  yang bertipe pendapatan, sedangkan untuk penyesuain penurunan stok adjustment account yang dipakai tipe akunnya harga pokok penjualan.
  2. Value Adjustment. Untuk kenaikan stok, value adjustment nya harus dicentang, sedangkan untuk penurunan stok value adjustmentnya tidak dicentang.
  3. New Value. Untuk kenaikan stok akan muncul new value untuk mengakui nilai terhadap stok yang ditambahkan, sedangkan untuk penurunan stok new value yang pada bagian sebarisan barang tidak akan muncul karena pada proses ini accurate system akan mengurangi nilai value dengan metode persediaan yang dipakai.

Jadi sangat mudah untuk perlakuan penyesuaian stok ini bukan? Jika Anda penasaran dengan histori kuantitas yang masuk dan keluar, Anda bisa mengeceknya dari laporan persediaan | barang dan jasa, klik kanan nama barangnya dan pilih history.

Untuk pemesanan program accurate, Anda bisa menghubungi saya selaku Agen Resmi Accurate di nomor : 085370838199. Jangan tunggu lagi karena program Accurate membantu untuk mengontrol stok Anda sehingga kecurangan yang terjadi akan kecil kemungkinannya.

Close Menu