Fungsi modul multi stok pada program Accurate

Multi stok itu artinya untuk satu jenis barang perhitungan satuannya bervariasi.  Dan hampir semua usaha yang ada stoknya memiliki perhitungan multi stok untuk barangnya.

Terkhususnya untuk perusahaan yang berjenis distributor permasalahan ini sangat penting banget.  Keseringannya aktifitas mereka saat melakukan pembelian dari principle mereka dalam satuan barang yang besar.  Contohnya mereka membeli dalam bentuk karton.  Namun barang ini bisa saja dijual dalam bentuk kotak. Dan karena adanya aturan bisa dilakukan retur (pengembalian) , barang yang diretur dalam satuan pieces.

Hal ini juga bisa diaplikasikan ke dalam program accurate melalui modulnya yaitu multi unit.  Sehingga permasalahan Anda bisa tersolusikan.  Namun sebelum itu Anda harus memperhatikan rasionya.  Rasio itu artinya perbandingan antara 1 unit dengan unit lainnya.  Contohnya : 1 lusin = 12 pieces.  Dalam hal ini yang menjadi rasionya adalah 12.

Adapun caranya yaitu pada saat Anda membuat barang baru. Anda terlebih dahulu Andaharus mengaktifkan modul multi unit dari Persiapan | Preferensi | Fitur. Centanglah “multi unit” nya lalu klik Ok.

Saat Anda hendak membuat persediaan baru, pada bagian unit Anda ketik PCS dan klik tombol yang ada di samping unit lalu klik nama satuan LSN (Lusin) dan disamping nya Anda ketik 12.

Jika ada unit ke 3 maka Anda isilah. Lalu klik OK dan Ok lagi jika penginputan barang baru nya sudah benar. Untuk harga jualnya, maka harga jual yang diinput berdasarkan harga jual berdasarkan unit yang ada di depan.

Saat Anda hendak melakukan aktifitas penjualan ataupun aktifitas pembelian, jika ingin menginput unit ke 2 nya, maka Anda double klik bagian unit dan akan muncul tanda panah, klik dan akan keluar pilihan PCS dan LSN. Pilih lah satuan LSN. Begitupun untuk aktifitas yang lain, contohnya aktifitas penyesuaian persediaan.

Ketika Anda hendak ingin melihat stok dalam bentuk satuan ke 2, Anda lihat dari modul Persediaan | Barang dan Jasa. Klik lah print dan pada bagian modifikasi, masuk ke bagian “kolom tersedia” carilah “kts dlm unit 2”. Double klik dan masuk ke “kolom dan filter” dan “kolom dan filter terpilih” centanglah “kts dlm unit 2” lalu klik Ok.

Close Menu