Bagaimana Mengelola Laba dan Beban Perusahaan?

Laba dan beban merupakan hal yang sangat penting di perusahan. Laba adalah keuntungan yang didapat dari hasil penjualan. Sedangkan beban dari pembayaran yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam 1 periode.

Perusahaan harus membuat laporan laba dan rugi untuk menjaga agar keuntungan terus positif dan mengontrol agar biaya pengeluaran tidak melebihi pendapat agar tidak melebihi batas wajar.

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengelola Laba / Rugi perusahan :

1. Initial Financial Assessment (Melakukan penilaian Keuangan Awal/ saldo awal)

Mengelola laba dan rugi dengan mengamati posisi laporan kuangan anda. anda dapat mereview histori laporan keuangan anda 2 atau 3 tahun tahun terakhir sehingga anda dapat menganasila bagaimana pergerakan keuangan anda. Anda dapat juga mengguna orang khusus untuk menganalisa dan melaporkan mengenai informasi yang di dapat dari laporan keuangan anda. Dari kinerja hasil rata – rata pendapatan dan beban perusahaan.

2.  Preparing Analytical Tools (Mempersiapkan Alat untuk Analisa)

Bagian keuangan atau akuntan dalam perusahaan harus mempersiapkan laporan keuangan. Selain laporan laba dan rugi. dapat juga menampilkan laba dari setiap barang yang dijual dengan menampilkan persentasi (margin) laba dari setiap penjualan sehingga perusahaan akan mengelola dan membatasi pengelurannya.

3. Explaining Expense Growth ( Menjelaskan Perkembangan Biaya)

Bagian akuntan ataupun keuangan harus bisa menganalisa biaya mana yang paling menonjol dan berkembang dari waktu ke watu. Perlu untuk melakukan penghematan atau efesiensi. Memberik masukan hal – hal apa yang perlu ditingkatkan untuk menaikkan pendapatan.

4. Sales Review (Kesimpulan penjualan)

Seorang akuntan juga perlu menganalisis dan mereview penjualan perusanaan. dan juga menganalisa biaya atas penjualan tersebut. Dalam hal dapat memberikan masukan kepada perusahaan untuk menekan biaya dan mengambil keputusan untuk membatasi produk barang yang dijual.

Laba dan beban

Untuk mempermudah bagian keuangan dalam menghasilkan laporan laba dan rugi. Dapat menggunakan software akuntansi. Software accurate merupakan program siap pakai dimana setiap admin yang menginput transaksi akan terhubung ke laporan keuangan. Selain laporan keuangan, ada juga laporan penjualan, Stok, Hutang dan Piutang. sehingga dengan begitu perusahan akan lebih cepat mengambil keputusan dalam mengelola laba dan bebannya.

Close Menu