Cara mengelola Stok digudang untuk perusahaan distributor

Cara mengelola Stok digudang untuk perusahaan distributor

Perusahaan distributor adalah perusahaan yang menjual barang dari pabrik ke toko toko lain atau bisa juga langsung ke pengguna akhir. Perusahaan inilah yang biasanya mempunyai stok berlimpah di gudang, sehingga harus extra perhatian dalam penyimpanan stoknya. Karena perusahaan tersebut mempunyai stok barang yang sangat banyak bisa jadi lupa dalam peletakannya barang barangnya, Maka dari itu. Artikel ini akan membahas bagaimana caranya mengelola stok agar dapat dengan mudah dikontrol baik jumlah stok hingg tempat penyimpanannya. Caranya adalah sebagai berikut:

Membuat peta untuk letak penyimpanan stok barang
Perusahaan distributor dikenal memiliki gudang yang banyak dan kalaupun tidak banyak pasti besar, sehingga anda harus membuat penomoran yang valid, misalnya anda bisa saja menggunakan huruf untuk membedakannya setiap raknya.

Pengecekan sebelum barang masuk dan sesudah barang keluar
Anda harus memiliki penanggung jawab untuk gudang anda, sehingga data stok yang anda beli bisa di cek sebelum masuk ke gudang. Jadi ketika datanya sudah benar antar barang yang anda beli dari pabrik dan barang yang datang jumlahnya sama, dan begitu juga untuk data penjualan.

Lakukan stok Opname dengan jangka waktu yang pendek
Setiap perusahaann distributor harus melakukan stok opname minimal 3 bulan sekali dan maksimal 6 bulan sekali. Sehingga data yang tercatat dan data fisiknya tidak terlalu jauh selisihnya dan dapat segera dipertanggung jawabkan. Atau biasanya dilakkukan audit pada pencatatan keluar masuknya barang, agar di cari selisihnya itu dimana.

Memisahkan antara stok lama dengan stok baru
Hal ini gunanya untuk memaksimalkan stok lama dulu yang keluar, hal ini juga berguna apalagi stok barang and memiliki masa expired. Barang tersebut harus segera keluar jika tidak maka perusahaan tersebut akan rugi, karena barang tersebut kadaluarsa sebelum terjual. Maka anda harus membedakannya walaupun di satu gudang sama.

Itulah cara mengelola stok digudang untuk perusahaan distributor, karena jika perusahaan tersebut tidak ada sistem untuk mengelola stoknya. Maka bukan tidak mungkin para karyawan akan mudah untuk bermain dengan stok di gudang, dan resikonya perusahaan tersebut bisa saja bangkrut.

Close Menu