Cara Membuat Anggaran Di Accurate Software

Kebanyakan perusahaan mempunyai mata anggaran untuk perjalanan bisnisnya. Anggaran ini bersifat sebagai pembatas bahkan bisa sebagai acuan target.

Untuk perusahaan tertentu ini sangat perlu karena dasar penilaian sejauh mana perusahaan ini berjalan. Dan dari sini bisa melihat proyeksi dimana sumber masalah saat dilihat dari mata anggaran akun perkiraannya.

Oleh sebab itu, program pembukuan di zaman ini kebanyakan membuka modulnya untuk pencatatan mata anggaran. Termasuk juga program Accurate yang merupakan program pembukuan yang dijual oleh agen resmi yaitu Accurate Medan membuka modulnya untuk menginput anggaran berdasarkan akun perkiraan yang telah dimasukka ke dalam sebelumnya.

Pada program Accurate, anggaran terbagi 3, yaitu anggaran akun, anggaran proyek, anggaran departemen.

Anggaran Akun.

Anggaran akun berfungsi sebagai anggaran akun rekening secara keseluruhan perusahaan. Dari sini akan menghasilkan laporan laba rugi perbandingan akun. Pencatatannya di Accurate dari modul : Daftar | Buku Besar | Anggaran Akun. Nilai yang diinput adalah nilai anggaran per periodenya.

Anggaran Proyek.

Anggaran proyek adalah suatu batasa yang diberikan oleh perusahaan untuk perlakuan suatu pekerjaan tertentuk dengan jangka waktu yang ditentukan. Anggaran Proyek di dalam Accurate terbagi 2 yaitu anggaran proyek general dan anggaran proyek kontraktor (RAB). Anggaran proyek general bersifat pengontrolan terhadap akun perkiraannya sedangkan anggaran proyek kontraktor bersifat pengontrolan terhadap material dan ini berhubungan dengan stok. Laporan yang dihasilkan pun berbeda. Untuk proyek kontraktor laporannya bisa dilihat dari laporan “anggaran dan biaya aktual”. Sedangkan proyek general laporannya bisa dilihat dari laporan “anggaran proyek (ringkasan)”. Untuk anggaran proyek general, Anda bisa input dari modul Daftar | Proyek | Baru | General. Sedangkan untuk anggaran proyek kontraktor Anda bisa input dari modul Daftar | Proyek | Baru | Kontraktor dan inputlah pada bagian RAB nya.

Anggaran Departemen.

Anggaran Departemen diberikan guna mengontrol biaya yang keluar berdasarkan divisi/ cabang. Anggaran ini dicatat dari modul Daftar | Departemen. Saat Anda buat departemen baru ataupun dari master departemen (jika master departemen nya sudah ada sebelumnya), akan muncul tombol anggaran. Anda masukkan lah anggaran departemen nya berdasarkan akun biaya nya.

 

Close Menu