Program akuntansi Microsoft Excel VS Modern

Program Akuntansi Microsoft Excel VS Modern

Microsoft excel merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh microsoft dengan berbagai kegunaan, aplikasi yang bisa dibilang benar benar canggih. Dengan berbagai fitur yang ada didalamnya jika dimaksimalkan anda juga bisa membuat program akuntansi sederhana dari microsoft excel. Bahkan kalau anda bisa mengoptimalkan anda bisa mencatatkan keuangan dari berbagai jenis usaha dengan model penginputan sesuai dengan keinginan anda. Mungkin bagi anda yang pelit untuk berinvestasi pada program akuntansi, microsoft excel sangat bisa diandalkan. Karena microsoft excel bis dijadikan sebagai program akuntansi gratis dan anda hanya perlu mempelajari setiap fitur function nya. Tetapi jika anda menggunakan program akuntansi modern akan ada biaya yang anda keluarkan.

Tetapi apakah microsoft excel bisa diandalkan dalam jangka waktu yang panjang? jawabannya tentu tidak. Karena banyak sekali masalah yang akan anda hadapi nantinya, misalnya masalah integritas antar transaksi. Bahkan keamanannya juga sangat rentan, karena namanya database berbentuk file maka semua orang bisa mengaksesnya sekalipun dikunci oleh password. Karena bisa anda buka dengan cara meretasnya, dan caranya sudah banyak tersedia anda hanya tinggal googling saja. Tapi, jika anda menggunakan program akuntansi modern resiko itu bisa dikurangi.

Kelemahan dari program akuntansi dari microsoft excel juga yaitu mengenai kerepotan penginputannya, Karena anda harus buka banyak file database. Tetapi jika anda menggunakan program akuntansi modern anda bisa menghemat waktu lebih sedikit karena hanya di 1 tampilan saja. Beda hal nya dengan excel yang harus membuka tampilan lebih dari satu. Apalagi sekarang program akuntansi modern sudah banyak varian dengan harga yang terbilang murah. Sehingga anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan usaha saja.

Jika anda butuh program akuntansi modern, saya akan rekomendasikan program accurate. Kenapa harus accurate? karena accurate sudah lengkap dan mempunyai keamanan yang terjamin sudah sejak lama. Mulai dari program akuntansi yang berbasis windows ( Accurate Dekstop) hingga accurate webbase.

Sehingga anda tidak perlu takut mengenai database, karena jika anda menggunakan accurate dekstop maka databasenya ada di komputer anda. Jadi anda harus menjaga dengan baik caranya yaitu back up database ke external harddisk. Tetapi jika anda menggunakan acurate webbase maka database ada di server accurate. Sehingga varian apapun yang anda gunakan dari program akuntansi modern, keamanan keduanya sudah dipastikan.

 

Close Menu