Peranan Sistem Akuntansi Dalam Dunia Bisnis

Peranan Akuntansi

Peranan Akuntansi bisa diartikan untuk mempresentasikan kondisi keuangan oleh pihak manajemen kepada pihak luar organisasi.

k

Proses di akuntansi mengandung rangkaian kegiatan yang harus dilakukan sebagai alat komunikasi bisnis. Pada Proses akhir Akuntansi ada laporan keuangan yang sangat berkaitan, seperti laporan rugi/laba, Neraca, Laporan arus kas dan Laporan perubahan modal yang sangat berguna bagi bisnis dalam melihat kondisi perusahaan.

Akuntansi sebagai media komunikasi bisnis antara perusahaan dan pihak eksternal mengenai kondisi keuangan. Perubahan laporan keuangan akan menjadi bentuk tanggung jawab pihak manajemen kepada pemegang saham atau pemilik perusahaan. Dan akan menjadi tangung jawan manajemen atas perubahan laporan keuangan tersebut.

selain itu peranan akuntansi yaitu untuk kontrol keuangan perusahaan anda. hal ini menjadi faktor penting untik keberhasilan bisnis anda

FUNGSI AKUNTANSI DALAM BISNIS

  • Sebagai Alat Control. Dengan adanya data yang ada di lapora n keuangan. anda bisa lihat laba rugi yang melihat kinerja perusaahaan anda. Dan juga perubahan neraca. anda bisa mengkontrolnya seduah sesuai kah perubahan neraca dengan aset yang anda miliki
  • Sebagai Alat Evaluasi. Darihasil laporan keuangan. Setelah anda mengetahui hasil laba kinerja anda. anda dapat mengevaluasi bisnis amda. Masalah apa yang terjadi terhadap perusahaan anda menemukan solusinya.
  • Perencanaan Bisnis. Akuntansi juga dapat menbantu anda untuk merencanakan bisnia setelah anda mengevaluasi keuangan anda.

Sistem Informasi Akuntansi

no

sistem informasi akutansi merupakan kumpulan segala data transaksi keunangan yg sudah di olah menjadi sebuah informasi keuangan yang dibutuhkan peruaahaan. Sehingga SIA sangat berperan penting dalam pengontrolan dan membantu mengambil keputusan.

Sistem Informasi Akuntansi, atau yang lebih dikenal dengan SIA, memiliki peranan dalam sebuah perusahaan dalam menjalankan perputaran bisnisnya.

setelah itu data akan diproses menjadi informasi yang dapat di gunakan sebagai pengontrolan dalam mengambil keputusan.

Agar sistem informasi akuntansi dapat berjalan dengan baik. anda dapat menggunakan software akuntansi. setiap data transakai yang masuk dari beberapa bagian dari perusahaan akan langsung dioalah menjadi laporan keuangan. Sehingg anda dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Accurate adalah sofware akuntansi yang mudah dipakai dan memiliki laporan keuangan yang lengkap dan terintegrasi. silahkan coba programnya disini



­

Close Menu