Pengimputan Pengembalian Uang Muka Penjualan di Accurate 5

Down Payment (DP) alias uang muka penjualan merupakan transaksi penerimaan uang yang diterima dimuka sebelum barang diterima oleh customer.

Down Payment pada program Accurate diinput dari modul Penjualan | Faktur Penjualan. Masukkan nama pelanggan nya dan pada bagian barangnya pilih kode barang yang  -1. Jika kode barang tersebut tidak ada, Anda harus pilih tombol “barang baru” pada saat memilih barangnya. Tipe barang nya “non persediaan” dan kode barangnya harus -1. Lalu klik Ok. Jika keluar pertanyaan klik Ok kan. Setelah selesai membuat kode barang tersebut, pilih di penjualan. Biarkan kuantitas nya 0, hanya unit price nya yang diganti nilainya sesuai dengan nilai uang muka yang dibayarkan. Setelah selesai, klik “Terima Bayaran”. Dan nanti akan muncul modul “penerimaan penjualan”. Pilih akun banknya untuk menerima dana pembayaran uang mukanya. Setelah selesai klik simpan dan tutup.

Ternyata setelah proses ini, transaksi penjualannya batal dan diharuskan down paymentnya dikembalikan. Bagaimana cara pengimputannya di program accurate 5?.

Terlebih dahulu Anda harus membuat barang baru yang tipe persediaan nya : “non persediaan” dan akun-akunnya pilih ke akun : “opening balance equity” dan nama barangnya “pengembalian DP”. Lalu Anda input faktur penjualan baru terhadap pelanggan tersebut. Pilih nama barang pengembalian DP ini. Kuantitasnya ketik 1 dan unit pricenya ketik 0.

Disamping nama pelanggan nya, klik tombol “pilih uang muka”. Dan nanti akan muncul satu jendela nomor uang muka, pilihlah nomor faktur uang mukanya. Nanti Anda melakukan pengembalian nya melalui modul Penjualan | Penerimaan Penjualan. Pilihlah nama pelanggan nya dan pilih faktur pengembaliannya. Pilih akun banknya sebagai akun pengeluaran dana untuk pengembalian down payment tersebut.

Jika ada PPN yang terpungut pada saat pengimputan Down Payment maka saat melakukan pengembaliannya, PPN keluarannya akan di debitkan. Khusus untuk transaksi ini, tidak bisa di eksport ke program Efaktur DJP. Anda harus menginput manual nota returnya. Di accurate hanya penjurnalan pengurangan PPN nya saja.

Demikianlah cara penginputan pengembalian down payment di dalam program Accurate 5. Untuk manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari Accurate Software bisa Anda hubungi agen resmi Accurate Sumatera via WA : 085370838199.

 

Close Menu