Bagaimana Cara Mengatasi Kredit Macet?

kredit macet

Piutang merupakan faktor terpenting dalam kelancaran cashflow. Piutang adalah hal yang wajar sering terjadi kepada mitra bisnis. Piutang muncul klo ada penjualan kredit. Akan tetapi, Piutang bisa menimbulkan piutang tak tertagih atau kredit Macet

Banyak faktor yang menyebabkan kredit macet, ada yang karena tidak ada itikad baik dari pelanggan untuk membayar, bisnis sedang lesu, atau bisa juga metode penagihan kita tidak sesuai dengan keuangan mereka

Setiap usaha tidak bisa lepas dari penjualan kredit.  anda perlu ada kebijakan akan terhindar dari kredit macet. Anda seorang pebisnis yang tak lepas dari piutang usaha. Sebaiknya anda membuat keputusan yang diambil agar mengurangi atau mencegah kredit macet.

Cara untuk Mengatasi Kredit Mace

Jalur Hukum

Cara ini dilambil jika customer tidak ada itikad baik untuk mau membayar. Untuk mengambil jalur hukum anda tidak perlu bawa ke pangadilan. Dapat melalui bantuan mediasi seperti konsultan hukum. Walaupun begitu anda jangan berharap tagihan akan langsung di bayar. Bisa jadi perlu waktu yang lama.

Berikan Opsi Keringanan Pembayaran

Jika penghutang memang lagi ada masalah di kondisi keuangannya. Maka anda dapat memberikan keringan dalam pelunasannya seperti bisa dicici, jami

penghutang memang lagi ada masalah di kondisi keuangannya. maka anda dapat tawarkan keringan seperti pelunasan bisa dicicil, penyitaan aset, jika anda sebagai pemasok utama untuk barang dagangan yang dijual. Anda boleh mengancam untuk membatasi pembelian. sehingga pelanggan tersebut akan serius untuk negoisasi kepada anda.

Tapi jika anda nilai bahwa bisnisnya yang sedang turun tapi memiliki potensi yang besar. tidak ada salahnya anda memberikan dana talangan (hutang) yang lebih besar untuk membeli barang anda. Karena bisnisnya bisa terbantu dengan barang anda. Piutang anda pun akan bisa terlunasi.

Memisahkan Pencatatan dengan bagian piutang dan kas

Pisahlah penerimaan uang yang berasal dari penerimaan pelunasan tagihan dengan penerimaan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyelewengan ataupun  kecurangan.

Hubungi debitur secara langsung

Biasakan untuk menghubungin debitur secaa langsung. baik datangain ke kantornya langsung atau melalui telepon. Pertemuan langsung anda dengan debitur untuk membicarakan masalah ini dengan serius.

Akun piutang khusus 

Untuk reminder debitur anda yang mau jatuh tempo, sebaiknya anda memiliki data debitur lengkap berupa informasi tentang nomor telepon, alamat kantor dan kontak person perusahaan debitur tsb.

Persistent

Jika calon debitur menerima telepon dan menolak bertemu, jangan menyerah.  Hubungin terus sampai anda bisa bertemu langsung. tunjukkan bahwa anda sangat serius karena hal tersebut menyangkut keuangan perusahaan anda.

Sistem Keuangan Valid

Sistem keuangan yang valid sangat diperlukan untuk meminimalkan piutang yang tak tertagih. dengan menggunakan sistem kuangan anda dapat memanage piutang. Tahu kapan customer mau jatuh tempo, dan melihat history pelusanan. Accurate adalah program yang sangat membantu anda dalam AR dan Kontrol Piutang anda. silahkan coba trialnya disini

 

 

 

 

Close Menu