Laporan Piutang tidak sama dengan saldo AR di Neraca

Untuk melihat laporan pendukung akun AR di Neraca, anda bisa melihatnya di laporan AR subsidiary sumary, lihat dari menu laporan Buku Pembantu Pitang, Histori akun Piutang dan Sisa Invoice. Dan hal – hal yang membuat laporan tersebut berbeda dengan saldo piutang di Neraca adalah sbb :

AR Subsidiary Ledger Summary (Ringkasan Piutang)

Penyebab laporan ini tidak sama dengna saldo di Neraca adalah sebagai berikut :

  • Jika di laporan tersebut pada kolom Down Payment ada nilainya. maka keluarkan Nilai DP-nya. Total Saldo yang ada di laporan ini harus ditambah dulu dengan nilai yang ada pada kolom DO. jika nilainya positif maka ditambahkan klo negatif kurangin.
  • Adanya Overpay yang belebih. Untuk melihatnya dari daftar | Penerimaan Pelanggan, set tanggal ganti tanggal dari awal sampai per saldo neraca, buang centang outstanding only, klik judul “Overpay” agar berurut. jika overpay use-nya kosong, maka nilai tersebut yang menjadi selisih.

piutang

  • Ada Pelunasan yang dibayar lebih dulu dari tanggal Invoicenya per tanggal saldo neracanya.

AR Aging
UntukLaporan Umur Piutang, yang menjadi selisih adalah transaksi piutang di luar transaksi faktur penjualan, retur penjualan dan penerimaan penjualan. kemungkinan ada transaksi di Jurnal umum atau faktur pembelian.

AR History
Laporan ini akan menampilkan jurnal dari awal sampai per saldo Neraca. Akan sama jika  tidak ada transaksi overpay.

Outstanding Invoices
Laporan ini menampilkan faktur yang belum lunas. jika ada transaksi yang mempengaruhi saldo AR tidak diinput melalui SI. Kemungkinan ada transaksi AR yang di input dari JV, DP dari PO dan Overpay.

Kemungkinan Lain :

  1. Jika saldo AR berupa mata uang asing makan perlu dillakuan period end ulang.
  2. Jika yang anda menggunakan AR dengan mata uang IDR dan Mata uang asing. Anda juga ada Piutang PPN mata uang asing ke saldo AR IDR yang ada di laporan AR. karena Piutang mata uang asing terhutang masuk ke AR IDR di Accurate.

 

Catatan :

Sebaiknya tanggalnya di ganti dari awal memakai accurate sampai saldo per tanggal yang dicek untuk melakukan pengecekan laporan AR Subsidiary ledger Summary dan AR History.


 

Close Menu