Hal-hal yang dapat membantu anda membuat pembukuan sederhana

Pembukuan merupakan suatu metode yang dilakukan untuk bisa mengetahui bagaimana alur keuangan bisnis itu berjalan. Hal ini sering terlupakan karena kebanyakan pebisnis lebih fokus untuk menjual produk atau jasa mereka. Mulai saat ini Anda harus bisa membagi kefokusan Anda pada pembukuan Anda, ini sangat penting sebelum Anda merugi.

Pembukuan bisa dikatakan sama dengan proses akuntansi karena proses pencatatan pembukuan sangat lengkap dan sistematis dari berbagai transaksi bagi suatu bisnis. Pembukuan juga berfungsi sebagai alat dokumentasi untuk transaksi-transaksi keuangan pada kegiatan usaha Anda. Pembukuan juga bisa menjadi salah satu cara untuk melihat bagaimana kondisi keuangan usaha Anda, mulai dari segi pendapatan sampai kepada pengeluaran usaha Anda yang terjadi dalam satu periode.

Untuk membuat satu pembukuan yang sederhana untuk usaha Anda dalam golongan UKM bisa dikatakan tidak sulit. Karena transaksi yang ada di dalamnya tidak banyak. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik bisnis mampu mencatata pembukuan Anda. Dan hal-hal yang perlu Anda ketahui ada beberapa cara, antara lain :

Rekap Transaksi Pengeluaran.

Setiap harinya pengeluaran yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis Anda, Anda harus mencatatnya ke dalam sebuah catatan. Sekecil apapun itu. Pengeluaran ini mulai dari pembelian bahan baku, biaya operasional, gaji karyawan dicatat ke dalam catatan pengeluaran.

Anda buatlah sebuah lembar khusus untuk mencatat setiap pengeluaran Anda yang terjadi. Ini berfungsi jika diakhir periode Anda bisa melihat berapa jumlah pengeluaran Anda. Anda bisa mengontrol apakah pengeluaran yang sudah terjadi melebihi dari pendapatan yang Anda peroleh atau belum.

Rekap Transaksi Pemasukan.

Tidak transaksi pengeluaran saja yang perlu Anda rekap. Untuk transaksi pemasukan pun Anda harus rekap. Tujuannya agar Anda bisa melihat berapa besar jumlah pemasukan bisnis Anda selama satu periode.

Catatan pemasukan yang telah Anda buat setiap hari nantinya akan menjadi sebuah dasar transaksi dalam membuat pembukuan bulanan bagi bisnis Anda. Pemasukan ini adalah segala sesuatu yang merupakan dana yang Anda terima, sekecil apapun itu Anda harus mencatatnya.

Buat Rekapan Stok.

Untuk Anda yang mempunyai bisnis barang, pastinya Anda ada penyimpanan stok. Oleh karena itu Anda juga harus mempunyai catatan stok. Setiap transaksi keluar masuknya stok, Anda harus mencatatnya. Karena stok merupakan investasi Anda, jadi dengan mencatatnya Anda bisa melihat berapa jumlah stok Anda yang ada di gudang Anda.

Rekap Buku Kas dan Bank.

Buku kas dan bank pada pembahasan ini mengartikan dana Anda dalam bentuk tunai ataupun penyimpanan di bank. Ini pun Anda harus catat. Transaksi ini beda halnya dengan rekapan pemasukan dan pengeluaran. Karena di rekapan pemasukan dan pengeluaran kadang yang dicatat adalah penjualan yang tidak menerima pembayaran. Sehingga pembayarannya bisa lewat hari itu. Nah, saat terjadi pembayarannya maka Anda harus mencatatnya pada catatan rekap buku kas (tunai) ataupun rekap buku bank (transfer atau giro). Catatan rekap buku kas dan buku bank sebaiknya dibedakan agar pengecekkan lebih gampang.

 

Untuk bisnis Anda yang sudah memasuki zona bisnis yang besar, maka Anda sudah harus menggunakan program pembukuan untuk membantu Anda mengontrol bisnis Anda. Salah satu programnya yaitu Accurate Software. Anda bisa mendiskusikan apakah accurate software cocok untuk bisnis Anda melalui kita sebagai penjual resmi Accurate yaitu Accurate MedanĀ  melalui WA : 0853708199.

Close Menu