Pencatatan Transaksi Perusahaan Valas

Perusahaan Valas merupakan sebuah bisnis yang memperjual belikan uang mata asing dengan nilai tukar yang bervariasi sesuai keputusannya.

Bagaimana cara pencatatannya ke dalam program Accurate??

Program accurate merupakan program pembukuan yang memiliki modul-modul dengan fungsinya masing-masing. Karena modul accurate sudah menjurnal otomatis maka buku besar rincinya sudah langsung bisa terlapor secara real-time.

Accurate software yang dijual resmi oleh Accurate Medan melalui marketingnya yaitu Dessi (WA : 085370838199) bisa untuk perusahaan trading barang dan jasa. Dan perusahaan valas dikategorikan sebagai perusahaan trading Barang.

Pencatatannya dimulai dengan memasukkan nilai pecahan valasnya sebagai master item yang tipenya persediaan. Contohnya : USD 10, USD 20, USD 50, dan USD 100.

 

Pada saat pembuatan barang tersebut, Anda harus setting akun-akunnya terlebih dahulu. Atur akun persediaan, akun penjualan, akun HPP dan akun Ret. Pembeliannya.

Jadi saat melakukan pembelian valasnya masukkan lah nilai tukarnya pada bagian unit price. Contohnya kita membeli lembaran valas USD 10 sebanyak 100 lembar dengan nilai tukar 1 USD = 14.000 maka di unit pricenya Anda masukkan Rp.140.000.

Setelah proses pembelian ini, maka ada pengakuan stok 100 lembar untuk pecahan USD 10. Stok ini bisa kita lihat dari modul Persediaan | Barang dan Jasa.

Saat perlakuan penjualan valas, masukkan nilai tukar pada saat itu. Contohnya ada penjualan untuk pecahan USD 10 sebanyak 20 lembar dengan nilai tukar Rp. 14.230. Maka pencatatannya di unit pricenya Rp. 142.300.

Dari program Accurate ini nantinya bisa didapatkan laporan laba kotor berdasarkan penjualan. Laporannya bisa Anda dapat dari modul : Laporan | Daftar Laporan | Laporan Penjualan | Penjualan per Barang. Nanti pada bagian kolom dan filter terpilih, centanglah bagian “nilai hpp” dan “laba kotor”, lalu oke kan.

Selain itu, Accurate software membantu Anda dalam hal mengontrol piutang. Dari pencatatan faktur penjualan Anda bisa memasukkan terms piutang. Dan nantinya Accurate membantu mengingatkan mana faktur yang sudah jatuh tempo berdasarkan masa jatuh tempo pada saat penginputannya.

Untuk hal pajak, Accurate yang merupakan program pembukuan juga membantu untuk eksport PPN masukan dan PPN keluaran yang sudah tercatat di dalamnya. Dan nanti untuk program Efaktur yang dari kantor Dirjen Pajak, Anda hanya cukup melakukan import file yang dihasilkan. Sangat mudah bukan??

Close Menu