Pembelian Inventaris Dengan Adanya Pembayaran Uang Muka

Inventaris adalah segala sesuatu milik perusahaan baik itu berwujud atau tidak yang digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Di software accurate yang merupakan program pembukuan siap pakai, terdapat modul inventaris (aktiva tetap) yang membantu Anda menghitung penyusutan. Selain itu dia juga membantu Anda untuk jurnalnya secara otomatis. Namun untuk hal itu, Anda perlu mendaftarkan terlebih dahulu segala inventaris Anda ke modul Aktiva Tetap sebagai masternya.

Kali ini saya selaku Marketing dari agen resmi penjualan accurate yaitu Accurate Medan akan menjelaskan bagaimana cara penginputan Aktiva Tetap dengan awal proses pembeliannya disertai uang muka. Contoh kasusnya : Terjadi pembelian aktiva senilai Rp. 6.000.000 dan dikenakan PPN. Pembelian tersebut pembayarannya secara kredit. Namun ada pembayaran DP diawal sebesar : Rp. 2.000.000. Bagaimana pencatatan pembeliannya di dalam program accurate? Dan bagaimana cara input ke modul Aktiva Tetap yang ada di dalam Accurate Software?

Terlebih dahulu Anda harus membuat item baru yang tipenya non-persediaan. Pada bagian akun-akun, tepatnya di akun beban, Anda harus membuat akun baru yang tipenya : “aktiva lancar lainnya” dan nama akunnya pembelian aktiva. Lalu masukkan nama aktiva nya pada bagian keterangan di tabulasi umum. Setelah selesai klik Ok.

Lalu Anda masuk ke modul Pembelian – Faktur Pembelian. Masukkan nama suppliernya, kalau belum ada Anda harus menginput nama suppliernya sebagai master yang baru. Lalu masukkan nomor faktur pembelian yang ada di faktur pembelian sebagai bukti dari supplier. Masukkan nama barang yang tadi Anda input, lalu input harga unitnya lalu klik simpan dan tutup.

Masuk ke modul Pembelian – Pembayaran Pembelian. Di pembayaran pembelian ini berfungsi untuk membayar pembayaran termasuk DP dan cicilannya nantinya berikut. Masukkan nama supplier nya dan nanti di bawah nya akan ada nomor fakturnya. Centang bayar dan rubahlah nilainya di kolom payment amount sesuai dengan nilai DP. Pilih nama akun bank nya, dimana akun ini menyatakan pengeluaran nilainya dipotong dari mana. Lalu klik simpan dan tutup.

Setelah itu Anda masuk ke modul Aset Tetap | Aktiva Tetap Baru. Isilah field-field yang dibutuhkan termasuk metode penyusutannya. Pada tabulasi Pengeluaran, Anda pilih akun “Pembelian aktiva”, dan nilainya sejumlah nilai aktiva Anda. Lalu klik simpan dan tutup.

Close Menu