Manajemen Produksi Beserta Strateginya

Apa itu manajemen produksi? Dan bagaimana cara strategi manajemen agar usaha lebih maju?

Manajemen Produksi merupakan sebuah tindakan untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen dan mengintegrasikan segala sumber daya secara efisien untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan. Pada perusahaan produski, segala yang dihasilkan adalah berupa barang yang jelas terlihat oleh mata itulah yang menjadi barang jadi. Dan segala prosesnya membutuhkan manajemen produksi. Mulai dari jadwal bahan baku, kapan harus diproduksi, target produksi, sampai ke pengolahan upah yang harus dikeluarkan.

Salah satu contohnya Produksi Pabrik Roti. Di bawah ini ada gambar yang menerangkan bagaimana manajemen produksi berlaku pada perusahaan pabrik roti.

Penjelasannya :

  1. Pada proses ini menjelaskan bagaimana bagian yang bertugas sebagai purchasing memilih segala bahan yang diperlukan. Sumbernya mendapatkan bahan pastinya sudah terdata. Dia bertugas memilih kualitas yang baik namun harga seminimal mungkin.
  2. Setelah itu barang akan dikirim dan masuk ke gudang. Tetap saja pada proses ini semua bahan disortir kembali untuk melihat apakah barang dalam keadaan baik dan sesuai dengan permintaan.
  3. Di proses ke 3 ini terjadi proses produksi sesuai target yang diberikan dengan persediaan bahan-bahan yang ada di dalam gudang.
  4. Hasil produksi bisa dimutasikan apakah itu langsung ke konsumen (Proses ke 4), ke toko penjualan eceran sendiri (Proses ke 5), bahkan ke agen (Proses ke 7).
  5. Di proses ke 5, merupakan toko sendiri. Walaupun Anda memproduksi roti Anda, tidak menutup kemungkinan Anda menerima barang konsyinyasi. Ini bertujuan untuk variasi barang-barang yang akan dijual oleh Toko Anda dengan pertaruhan nilai yang kecil. Karena biasanya perhitungan pembayaran untuk barang konsyinyasi setelah barang tersebut terjual.
  6. Proses ke 7 adalah cara agen untuk menjual barang jadi dari proses produksi Anda. Karena proses ini bersifat bergerak dan bebas. Yah pada proses ini akan terlibat dengan proses serah terima per hari nya. Karena proses ini membutuhkan barang yang segar (fresh). Sehingga dengan adanya proses serah terima, Anda bisa mengontrol daerah mana yang bisa menjadi pasar Anda, dan menjaga kualitas roti Anda yang beredar di pasaran.

Manajemen Produksi ini juga tetap harus dibantu oleh program pembukuan. Guna untuk pengambilan keputusan untuk menjaga kestabilan posisi perusahaan. Dan program itu juga harus bisa menghasilkan laporan yang real-time. Dan program pembukuan itu namanya : Accurate Software (WA : 085370838199)

Melalui modul produksinya, Accurate software membantu Anda memberikan laporan Produksi sehingga Anda bisa tepat memberikan kebijakan untuk manajemen produksi Anda. Pencatatan mulai dari penginputan formula, pemotongan bahan serta ke hasil barang jadi.

 

Close Menu