Cara Agar Penambahan Item Di Luar RAB Bisa Masuk ke COGS Project

Accurate Deluxe yang di dalamnya ada modul proyek terdapat Pemakaian Bahan Baku, Yaitu material yang akan dikeluarkan. Seperti yang Diketahui material yang dikeluarkan itu diambil dari anggaran. Jika barang barang di keluar di luar RAB tidak bisa dikeluarkan ke pemakaian bahan baku. Kecuali mengedit RAB untuk menambah item barunya.

Penambahan material itu tidak ingin merubah RAB

Namun jika penambahan material itu tidak ingin merubah RAB yang telah di buat. maka langkahnya dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Buat Penyesuaian persediaan untuk mengeluarkan stok sebesar yang dikeluarkan di proyek. dan pilih akunnya ke akun biaya. Jurnalnya yang terbentuk adalah sebagai berikut :
    (Dr) Biaya
    (Cr) Persediaan
  • Supaya bisa masuk ke COGS Proyek, buat item baru tertipe non persediaan. Di Tab akun bagian akun beban pilih ke Persediaan dalam proses. lalu buat faktur pembelian ke pemasok apa saja (bisa buat ke pemasok umum), pilih nama barang non persediaan yang sudah di buat tadi, lalu pilih ke proyek yang dimaksud Hasil jurnalnya adalah sebagai berikut :
    (Dr) Proyek Dalam Proses
    (Cr) Hutang

  • lalu lakukan pembayaran atas PI yang sudah kita buat, Centang faktur beli yang mau dibayar di kolom bayar, kemudian klik kanan pilih diskon info, masukkan jumlah diskonnya sebesar jumlah invoice nilai barang yang dikeluarkan. dan akunnya pilih sesuai dengan akun yang di isi di Penyesuaian persediaan, sehingga jurnal yang terbentuk adalah :
    (Dr) Hutang
    (Cr) Biaya
    maka akun biaya dan hutang akan saling silang dan habis karena posisiya yang di debet dan kredit dan hasil jurnalnya adalah :
    (Dr) Proyek Dalam Proses
    (Cr) Persediaan

  • Pada saat anda melakukan project bill, maka nilai barang yang dikeluarkan akan menjadi COGS RAB pada saat mengklik tombol COGS nya.

Dengan begitu RAB tidak akan terganggu dan dapat melihat perbandingan material yang ada di RAB dan Realisasi dari anggaran yang sudah ditetapkan.

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungin

manda 082161888790 (marketing resmi program accurate Medan)

coba trial accurate, silahkan Download program accurate disini

Close Menu