Modul Salesman Pada Accurate Dekstop

Di program pembukuan Accurate terdapat laporan komisi per salesman. Dimana laporan ini bisa membantu Anda untuk melihat jumlah komisi yang akan Anda berikan ke salesman dalam satu periode dan berfungsi dengan baik apabila di setiap faktur penjualan Anda masukkan nama salesmannya beserta perhitungan komisinya.

Untuk mengaktifkan fitur salesman ini Anda harus masuk terlebih dahulu ke menu Persiapan (Setup), Preferensi (Preference), Fitur (Feature). Klik / centang di field “Pakai Penjual” Lalu klik OK

Accurate dapat menghitung komisi penjualan untuk masing-masing penjualan yang dibuat oleh salesman. Komisi penjualan dapat dibuat secara berjenjang, artinya untuk penjualan dari X sampai Y akan mendapatkan komisi sekian persen. Perhitungan komisi sales bisa berupa persentase, atau berupa angka yang tetap. Komisi juga dapat dihitung dari omset penjualan total, atau dari laba kotor penjualan. Dan bisa terlapor apabila faktur atas penjualannya tersebut sudah dalam keadaan lunas.

Untuk membuatnya Anda masuk ke daftar | Daftar lain | Batasan komisi. Anda klik tombol “Baru (New)” untuk membuat kode komisi baru. Isikan kode komisi yang akan Anda buat, lalu pilih komisi yang akan hitung apakah berdasarkan Jumlah / kuantitas / laba kotor dari Faktur / Barang, dalam batasan berapa sampai berapa, dan akan mendapat persentase / nilai tetap per Faktur / Periode. Setelah selesai klik OK untuk menyimpan.

Untuk membuat nama penjual di software akuntansi ACCURATE 5 bisa Anda input dari Menu Daftar |Daftar Lain |Penjual. Di bagian komisi Anda pilih komisi yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk satu orang penjual bisa menghitung lebih dari 1 macam tingkat perhitungan, namun Accurate software tidak dapat menjurnal biaya fee ini secara otomatis. Accurate hanya bisa menyajikan laporan perhitungan komisi yang didapatkan masing-masing penjual. Pembiayaannya Anda harus melakukan penjurnalan manual melalui media Jurnal Voucher.

Dan setiap customer dapat ditentukan terlebih dahulu siapa salesmannya. Sehingga saat Anda akan membuatkan invoice untuk customer yang bersangkutan, default salesman-nya yang akan muncul sama dengan yang di set di data customer. Nama sales ini masih dapat diubah apabila anda mempunyai hak untuk mengubahnya. Salesman yang terpilih di Sales invoice-lah yang akan dipakai untuk perhitungan komisi penjualannya.

Anda dapat membuat perhitungan fee penjualan yang berbeda dari apa yang sudah diberikan oleh Accurate, namun anda perlu sedikit melakukan modifikasi di report perhitungan ini. Sedikit pengetahuan tentang reporting dan banyak kreatifitas dapat membantu anda untuk mendapatkan cara perhitungan komisi yang anda butuhkan.

Anda dapat membuat perhitungan komisi penjualan yang berbeda dari apa yang sudah diberikan oleh Accurate, namun anda perlu sedikit melakukan modifikasi di report perhitungan komisi ini. Sedikit pengetahuan tentang reporting dan banyak kreatifitas dapat membantu anda untuk mendapatkan cara perhitungan komisi yang anda butuhkan.

Close Menu