Cara Berhemat Untuk Bisnis Kecil

Bagaimana cara berhemat sehingga bisnis anda dapat untung banyak!!!

Untuk mengembangkan bisnis sebenarnya sangat mudah, karena setiap perusahaan pasti ada biaya biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap harinya. Sehingga anda sebagai pengusaha harus pintar pintar membuat daftar biaya yang sudah atau akan dikeluarkan setiap harinya. Hal ini dapat berhemat karena memotonh biaya biaya yang tidak diperlukan, dan bisa untuk menghemat dana perusahaan yang anda tekuni sekarang ini. Banyak faktor yang membuat perusahaan anda terlalu over dalam mengeluarkan biaya, sehingga dapat mengurangi laba perusahaan anda.

Berikut ini akan saya sajikan beberapa cara sederhana dalam berhemat dana untuk pengeluaran biaya biaya perusahaan, Diantaranya adalah sebagai berikut :

Periksa kembali Biaya Operasional sebelum dan yang akan dikeluarkan

Yang termasuk biaya operasional perusahaan biasanya adalah biaya listrik dan air, keduanya selalu digunakan setiap harinya. Sehingga pengeluaran biaya keduanya tidak bisa di prediksi setiap bulannya oleh anda, karena tergantung dari pemakaian. Maka anda perlu melihat ke bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah biaya dari air dan listrik terlalu besar. Jika iya maka anda harus sudah mengajarakan karyawan anda untuk berhemat, sehingga pada saat pembayaran biaya keduanya bisa lebih kecil nilainya.

Mengurangi penggunaan kertas

Hal tersebut dimaksudkan agar anda lebih hemat dalam penggunaan kertas, karena jika anda sudah menggunakan program untuk mencetak faktur penjualan atau biaya biaya lainnya. Maka anda tidak perlu lagi untuk menulis manual, karena semua transaksi yang sudah diinput bisa dikelola secara komputerisasi. Sehingga anda bisa berhemat dan tidak perlu lagi setiap bulannnya untuk membeli faktur manual atau buku catatan yang mahal . Karena kalau anda mau lihat transaksinya maka anda hanya perlu membuka program yang anda gunakan dan cek sesuai dengan periode yang akan anda lihat.

Memberi jatah ATK kepada karyawan

Jika anda sudah menggunakan program pembukuan maka anda tidak perlu lagi membeli ATK untuk pencatatan biaya operasioanal harian pada perusahaan anda. Tapi jika usaha anda pencatatannya transaksinya masih secara tradisional maka anda bisa memberikan jatah ATK setiap bulannya. Dan mengajarkan karyawan untuk berhemat, Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya ATK yang setiap bulannya mengeluarkan biaya yang fantastis.

Close Menu