Retur Penjualan Tampa Ada No Faktur Yang Tercatat Di Accurate

Pernah melihat retur penjualan di program Accurate?? Bagaimana pencatatannya jika faktur nya tidak tercatat di dalam program accurate? Apa itu retur penjualan?

Yah retur penjualan merupakan proses akuntansi yang terjadi jika dalam kegiatan jualnya terjadi pembatalan. Sehingga barang yang telah dijual harus dikembalikan ke pihak penjual dan piutang dari pembeli akan dikurangi oleh pihak penjual sesuai dengan nilai penjualan yang sudah disepakati saat transaksi terjadi. Dari penjelasan diatas, bisa dikatakan retur penjualan tampak sangat sederhana sekali, namun di dalam penerapannya ternyata tidak segampang itu. Pada beberapa kasus, ada kasus dimana saat melakukan retur penjualan, pelanggan tidak dapat menunjukan bukti pembeliannya yang terdahulu sedangkan di sistem transaksi tersebut sudah tidak ada  dikarenakan sistem mengalami tutup buku. Bagaimana caranya menerapkan hal ini? Apakah retur ini harus dilakukan?

Pada umumnya, untuk proses retur penjualan, pembeli harus membawa lengkap barang yang dibelinya beserta dengan bukti pembelian, dalam hal ini berupa faktur penjualan yang diterbitkan oleh si penjual. Tetapi di lapangannya, pada beberapa kesempatan, pihak pembeli tidak dapat menyertakan bukti pembelian ini karena satu atau beberapa hal. Dikarenakan untuk menjaga hubungan baik antara penjual dan pembeli, sesekali penjual ingin tetap dapat menerima retur penjualan ini walaupun diluar kebiasaan pada umumnya.

Di Accurate Software yang dekstop, transaksi ini dapat dilakukan walaupun kasus ini sudah di luar kebiasan umum. Namun perlu diaktifkan terlebih dahulu fitur khusus retur penjualan tanpa harus merefrensikan no faktur penjualannya. Adapun caranya dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Anda aktifkan terlebih dahulu fitur retur tanpa refrensi faktur penjualan dari menu Persiapan | Preferensi | Penjualan. Lalu pada bagian Retur penjualan, aktifkanlah pilihan ” Dapat mengisi Barang apa saja di Retur Penjualan” dengan cara mencentangnya
  • Setelah pilihan tersebut diaktifkan, maka saat retur penjualan kita dapat memilih no faktur “nihil” apabila diperbolehkan untuk meretur tanpa refrensi no faktur penjualan.
  • Resiko : dikarenakan tidak adanya refrensi no faktur penjualan, HPP persediaan yang dikembalikan akan dinilai nol oleh Accurate

Untuk pencobaan program pembukuan Accurate ini bisa Anda download dari link : accurate software.

Close Menu