Resiko jika tidak menggunakan program akuntansi

Apa Resiko jika tidak menggunakan program akuntansi???

Tidak semua pengusaha mengerti bahwa pentingnya penggunaan program akuntansi untuk melakukan pencatatan keuangan dari bisnis yang mereka jalankan. Sehingga resiko bangkrut sangat besar, jadi para pengusaha harus bisa mengantisipasi hal tersebut.

Dalam artikel ini akan disajikan resiko jika anda tidak menggunakan program akuntansi untuk mencatat transaksi pada perusahaan anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

Pembayaran Pajak Akan Menjadi Hal yang menakutkan bagi anda

Pembayaran pajak tanpa persiapan adalah mimpi buruk disiang bolong bagi pengusaha, karena jika hanya mengandalkan catatan dibuku. Hal tersebut bisa membuat kerugian yang luar biasa bagi perusahaan anda. Dan bisa saja anda dituduh penggelapan pajak oleh DJP karena tidak ada bukti yang jelas. Dan pembayaran pajak tanpa bukti jelas akan memakan waktu yang lama, yang membuat waktu anda terbung sia-sia. Sebenarnya hal tersebut bisa di atasi dengan cara membayar akuntan pajak untuk melakukan perhitngan pajak pada perusahaan anda atau akan lebih baik lagi anda menggunakan program akuntansi sebagai pencatatan transaksi pada perusahaan anda.

 

Lebih rentan kehilangan uang

Jika anda tidak menggunakan program akuntansi maka akan lebih sering kehilangan uang. kenapa? Jawabannya karena karyawan lebih mudah dalam bermain, karena data tidak terkomputerisasi. Sehingga karyawan akan lebih leluasa untuk memanipulasi data yang ada. Tapi sebaliknya, maka akan lebih memudahkan anda dalam segala hal. Misalnya dalam hal pengecekan data data yang telah di input sebelumnya, karena data sudah terkomputerisasi yang jelas. Pengeluaran biaya dari bisnis anda akan lebih boros karena tidak ada catatan sebelumnya yang menunjukkan jumlah pasti.

 

Bisnis anda akan sangat Sulit untuk Berkembang

Jika bisnis yang anda jalsani sudah mulai jalan dan anda sudah berencana untuk membuka cabang pada usaha yang sama. Anda akan sulit untuk lebih mengembangkannya, hal itu karena tidak adanya catatan keuangan yang akurat. Sehingga anda akan sulit menentukan budget yang harus disediakan. Harusnya budget yang anda keluarkan bisa untuk dua keperluan. Maka jika tidak menggunakan program budge tersebut hanya bisa untuk 1 keperluan saja. tetapi jika anda menggunakan program akuntansi Anda akan lebih mudah menentukan budget. Budget yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda yang baru. Hal tersebut juga akan lebih memudahkan anda dalam membangun tim untuk usaha yang baru.

 

 

 

Close Menu