Cara menghapus piutang perusahaan yang tidak tertagih

Dalam setiap Perusahaan ataupun Toko tentunya memiliki transaksi yang dibedakan menjadi 2 jenis yaitu transaksi Cash dan Kredit. Jika perusahaan atau toko menjual Barang & Jasanya secara kredit, maka munculah transaksi Piutang.

Nah saat ini saya akan menerapkan atau memberitahukan bagaimana caranya menghapus piutang tidak tertagih pada program pembukan accurate.
Adapun langkah-langkah pengerjaan nya yaitu :

  1. Anda masuk ke modul penjualan lalu klik lah customer receipe/peneriman pelanggan
  2. Setelah itu Anda klik penerimaan pelanggan/customer receipe
  3. Tampilan diatas adalah setelah anda menginput penerimaan pelanggan seperti biasa
  4. Anda klik kanan di kolom amount klik diskon info setelah di klik
  5. Di kolom diskon ada akun diskon kenapa harus di isi Bad Debt Expense. Yah karena Anda akan mengakui piutang tak tertagih itu sebagai Beban Perusahaan. Oleh karena itu sesudah di masukan ke kolom diskon info, piutang tersebut akan habis dan masuk ke dalam akun “bad debt expense”
  6. Setelah selesai semuanya,  lalu klik oke simpan dan tutup.

Jika kita ingin melihat masuk atau tidak ke dalam akun bad debt expense, maka anda bisa masuk ke daftar akun lalu Anda cari akun bad debt expense.

Maka hal di atas menandakan bahwa piutangnya telah di akui sebagai beban perusahaan yang masuk ke dalam akun bad debt expense.

Demikianlah Tips & Trick yang bisa saya sampaikan mengenai cara menghapus piutang tidak tertagih di dalam program accurate.

Sangat mudah bukan? Yah karena program accurate memang sangat fleksible dan gampang penggunaannya. Terlebih accurate software sudah mampu membatu Anda dalam hal mengeksport semua transaksi yang berhubungan dengan PPN masukan dan PPN keluaran ke dalam program Efaktur yang dari Direktorat Jendral Pajak.  Sehingga Anda tidak perlu direpotkan lagi untuk menginput-input lagi satu per satu transaksinya secara manual ke dalam program Efaktur yang dari Dirjend Pajak tersebut.

Selain itu accurate software accounting mampu membantu Anda dalam pengontrolan stok sehingga tingkat kebocoran untuk Stok Persediaan bisa diperkecil. Dengan adanya fasilitas laporan stok yang disajikan oleh program accurate maka masuk dan keluarnya stok terperinci dengan jelas.

 

Close Menu