Pengertian & Manfaat Stock Opname

Apa yang dimaksud dengan Stock Opname?

Stock Opname adalah salah satu hal yang dilakukan untuk meminimalisir kerugian. Kegiatan tersebut adalah dengan menghitung sisa stok secara fisik dari persediaan barang yang ada di gudang maupun toko. Secara umum, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui jumlah stok secara pasti dan akurat mengenai pencatatan pembukuan secara program maupun manual. Hal tersebut juga bisa meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Biasanya perusahaan melalukan stock opname setiap akhir tahun. Bahkan terkadang ada perusahaan yang 3 sampai 6 bulan sekali sudah melakukan perhitungan. Kegiatan tersebut dilakukan karena barang yang dijual sedikit jumlahnya sehingga dapat lebih mudah untuk perhitungan sisa stoknya. Tapi jika barang di gudang banyak seperti perusahaan perusahaan manufaktur yang memiliki banyak stok mulai dari bahan baku, bahan penolong, hingga ke barang jadi. Maka agar lebih baik dilakukan setahun sekali saja, karena kegiatan tersebut memakan waktu yang lama dan tenaga lebih dari karyawan.

Memang sangat sulit untuk mencocokkan antara stok fisik dengan stok yang ada di pencatatan para pekerja bagian gudang pada saat stock opname. Sehingga sering sekali terjadi selisih antara perhitungan stok fisik dengan stok yang ada di pencatatan admin gudang. Misalnya lebih banyak perhitungan pembukuan dibandingkan stok fisik, maka hal tersebut akan menjadi beban tambahan bagi perusahaan anda. Tapi tidak jarang juga jika terdapat selih maka karyawan juga yang biasanya mengganti kekurangan tersebut.

Tetapi jika lebih banyak perhitungan fisik dibandingkan perhitungan admin gudang maka harus di cek ulang pencatatannya. Bisa saja karena ada transaksi yang belum dicatat oleh admin gudang sehingga hal tersebut dapat terjadi. Maka harus dilakukan pengecekan ulang terhadap kinerja dari admin gudang. Namun, jika setelah di cek berulang kali masih tetap sama hasilnya, maka bisa saja dijadikan pendapatan lain lain bagi perusahaan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan tujuan dari stock opname. Sehingga jika sering kali terjadi selisih maka sistem komputerisasi sangat diperlukan. Karena bisa meminimalisir kehilangan data, dan dapat membantu anda untuk mendapatkan data yang valid dari sisa persediaan barang dagangan diperusahaan anda.

Close Menu