Pencatatan Biaya pada Accurate Lite

CPSSoft selaku developer program pembukuan indonesia telah mengeluarkan produknya accurate 5 dan accurate online. Sekarang perusahaan ini pun mengeluarkan Accurate Lite sebagai aplikasi program pembukuan mobile.

Salah satu modulnya berfungsi untuk mencatat biaya operasional yang merupakan biaya yang harus diperhatikan untuk hal bisnis. Pemilik usaha sering sekali mengabaikan biaya operasional tersebut. Jika Anda gagal mengendalikan biaya operasional maka Anda harus bersiap untuk merugi.

Biaya operasional artinya biaya yang harus dikeluarkan oleh pelaku usaha, mulai dari usaha skala kecil msampai ke besar. Bagi UKM yang bergerak dalam bidang produksi maupun jasa, biaya operasional merupakan hal penting untuk diperhatikan karena sering dikaitkan menjadi biaya langsung usaha tersebut..

Biaya operasional juga bisa menjadi hal yang paling penting dalam mengatur cash flow serta budget usaha. Anda harus bisa memperhatikan dan mengendalikan biaya operasional sebaik mungkin agar pemasukan Anda bisa lebih besar. Yah walaupun resiko tersebut harus diambil untuk bisnis yang masih dalam proses membangun.

Identifikasi Biaya Operasional

Anda harus bisa selalu melihat berapa biaya yang sudah keluar setiap harinya. Jangan sampai Anda longgar untuk mengontrol biaya operasional yang keluar setiap bulannya. Hal ini bisa mengabitkan usaha Anda akan sangat merugi. Dari sini Anda harus bisa memiliki catatan khusus untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang telah Anda keluarkan selama satu bulan penuh. Pantaulah biaya operasional setiap tiga bulan sekali.

Ketika di bulan keempat, maka Anda coba perhatikan apakah biaya tersebut bisa dilakukan perencanaan ulang dengan menekan biaya-biaya lain yang bisa ditekan. Hindari biaya-biaya tak terduga yang bisa saja terjadi kapanpun.

Lakukanlah identifikasi biaya operasional bulanan, mingguan ataupun harian disaat Anda sudah mulai berinvestasi software pembukuan atau software akuntansi pada komputer usaha. Anda bisa menggunakan program pembukuan yaitu Accurate Online untuk membantu Anda mengidentifikasi biaya operasional usaha. Dengan Accurate Online Anda bisa melihat biaya yang terlalu besar sehingga Anda bisa  menguranginya, dan mencetak laporan laba rugi sebagai alat pertanggungjawaban penggunaan biaya operasional.

Usahakan, setiap transaksi keluar yang dilakukan wajib menggunakan kuitansi atau bukti transaksi. jangan sampai Anda tidak menyimpan kuitansi-kuitansi biaya keluar. Kuitansi ini akan berfungsi untuk memantau pengeluaran biaya operasional. Seperti halnya Accurate yang bisa langsung membuatkan Anda invoice biaya operasional usaha serta Anda bisa menyimpan hasil kuitansi pada usaha.

Close Menu