Pengimputan Pelunasan Piutang di Accurate 5

Transaksi hutang – piutang sudah menjadi hal yang umum untuk dunia bisnis dan menjadi hal yang utama untuk di kontrol. Baik itu pelunasan hutang ataupun pelunasan piutang harus tercatat jelas dan terperinci.

Kali ini kita akan membahas bagaimana pelunasan piutang di dalam program accurate. Oh iya, sebagai informasi tambahan, accurate yang resmi pastinya dijual oleh agen yang resmi juga. Jadi jika Anda ingin memesan program accurate, pesan lah dari kami Accurate Medan dengan menghubungi WA : 085370838199 atau email ke : desy@myabcshop.com.

Mari kita lanjutkan pencatatan pelunasan piutang ke dalam accurate 5. Terlebih dahulu Anda harus mencatat faktur penjualan. Karena melalui faktur penjualan lah akan terbit jurnal “piutang”. Pencatatannya dari modul Penjualan – Faktur Penjualan. Dari rincian faktur penjualan inilah akan terjadi pelunasannya baik itu pelunasan secara menyeluruh ataupun sebahagian saja.

Adapun tahapan penginputannya :

  1. Masuk ke modul Penjualan – Faktur Penjualan
  2. Pilih nama customer (pelanggan yang piutangnya lunas)
  3. Centang kolom “bayar” pada nomor faktur yang telah dibayar yang terletak di bawah.
  4. Jika pembayarannya sebagian saja maka rubah nilai yang ada pada kolom “payment amont” dengan nilai yang ingin dibayarkan. Karena pembayarannya sebagian, nanti akan muncul sisa piutangnya pada kolom “owing”.
  5. Pilih nama bank atau kas penerima dana pelunasan piutang tersebut.
  6. Jika pembayarannya merupakan giro yang jatuh temponya lewat hari itu juga, maka rubah lah tanggal cek sesuai tanggal jatuh temponya. Sedangkan untuk nomor cek nya bisa Anda input pada kolom “No Cek”
  7. Setelah selesai, klik tombol “Simpan dan Tutup” pada bagian sebelah kanan bawah.

Dan informasi tambahan, di penginputan pelunasan piutang ini bisa diinput biaya administrasi bank. Contoh kasusnya : Piutang customer A senilai 125.000. Dikarenakan pelunasan piutang si pelanggan tersebut, nilai yang masuk ke bank nya adalah 120.000. Bagaimana penginputannya di program accurate? Pada saat pelunasan, tepatnya setelah faktur yang dilunasi di centang, maka di sebarisan faktur yang dipilih tersebut klik kanan. Pilihlah “Diskon/info write off”. Input nilai diskon dan pilih nama akun yang dibebani diskon tersebut. Untuk Accurate 5 varian deluxe edition, maka akan muncul kolom department dan proyek, ini berfungsi sebagai cost kontrol pembebanan akun untuk proyek ataupun departemennya.

Close Menu