Pencatatan Konsinyasi Pada Program Accurate

Konsinyasi merupakan proses transaksi dagang barang antara dua pihak dengan cara penitipan barang. Pihak pertama menitipkan barang kepada pihak kedua untuk dijual dengan perjanjian tertentu.

Dalam hal ini pihak yang dititipkan barang tidak melakukan pembayaran atas barang tersebut, karena sifatnya hanya titipan. Pada akhir periode, sisa barang yang tidak terjual akan dikembalikan pada pihak pertama, dan untuk barang yang terjual dilakukan proses bagi hasil atas penjualan barang konsinyasi tersebut.

Adapun pencatatan transaksi pada pihak yang dititipkan barang konsinyasi bisa dicatat ke dalam program Accurate dengan langkah-langkah berikut ini :

Perlakuan pada saat dititipkan barang.

Contoh kasusnya : Seseorang menitipkan kue black forrest ke salah satu toko penjual kue. Maka pencatatannya di Accurate :

  1. Ketika barang diterima maka klik modul Pembelian – Penerimaan Barang.
  2. Masukkan nama si penitip barang sebagai data supllier.
  3. Masukkan nama barangnya, jika belum ada di master barang maka harus didaftarkan terlebih dahulu sebagai tipe barangnya : Persediaan.
  4. Input kuantitas yang dititipkan.
  5. Pilih nama gudangnya : Gudang Konsinyasi. Jika nama gudang tersebut belum ada, maka harus diinput sebagai master gudang dari modul Persediaan – Daftar Gudang.
  6. Setelah oke pilih simpan dan tutup.

Perlakuan Pada Saat Barang Konsinyasi Terjual.

Pada saat proses barang terjual maka langkah pencatatannya :

  1. Masuk ke modul Penjualan – Faktur Penjualan.
  2. Masukkan nama customer (Kepada siapa black forrestnya kita jual).
  3. Input nama barang, kuantitas, dan harga jualnya.
  4. Pilih nama gudangnya yaitu : Gudang Konsinyasi.
  5. Setelah semua sudah oke, klik simpan dan tutup.

Perlu dilakukan penginputan harga modal black forrest tersebut karena proses sebelumnya masih dibagian Penerimaan barang, maka perlu diinput pencatatan faktur pembelian. Dan langkah – langkah pencatatan faktur pembeliannya :

  • Masuk ke modul Pembelian – Faktur Pembelian
  • Input nama supllier (Si penitip barang konsinyasi)
  • Klik tombol : “Pilih Penerimaan Barang” dan pilih nomor transaksi penerimaan barang saat barang dititipkan.
  • Jika ada nilai beli yang diberikan oleh supplier maka masukkan nilai belinya, namun jika tidak ada maka input 0 (nol) saja.
  • Setelah selesai semua, klik simpan dan tutup.

Sebagai informasi tambahan, kenapa harus dilakukan faktur pembelian. Hal ini dikarenakan program accurate yang dijual resmi oleh Accurate Medan memiliki sifat penjurnalan otomatis saat transaksi dilakukan sehingga laporan keuangan real-time. Dan penjurnalan pada saat dilakukannya penerimaan barang yaitu : Persediaan (Dr) pada Penerimaan Barang Belum Tertagih (Cr).

Itulah kemudahan yang diberikan oleh program accurate. Untuk Anda bisa mencoba langsung dengan mendownload program nya ke link : accurate program.

Close Menu