Menampilkan Laporan Stok Dari Satuan Terkecil Sampai Terbesar

Permasalahan stok acap kali menjadi suatu permasalahan yang komplikasi. Kali ini kita akan membahas Tips and Trick tentang penggunaan Software Accurate mengenai stok.

Salah seorang Customer Accurate menanyakan kepada saya melalui email yaitu :  “Apakah ada Tips and Trick di Accurate untuk menampilkan laporan stok masing-masing gudang dari satuan terkecil sampai terbesar?”. Beliau merasa kesulitan jika laporan yang ditampilkan hanya dalam satuan terkecil saja karena pertimbangannya adalah rasio untuk masing-masing item adalah tidak sama. Hal ini akan menghambat saat mereka melakukan stock opname.

Apakah Anda tahu Tips and Trick -nya bagaimana? TRIK-nya adalah :

  1. Klik Laporan – Daftar Laporan  – Gudang, kliklah  “Kuantitas Barang per Daftar Gudang”.
  2. Di windows “Formasi Laporan”, Anda pilih tanggal yang dikehendaki
  3. Kemudian klik “Kustomisasi”, Beri tanda Centang (V) di kotak sebelah kata-kata “Unit 2” dan “Unit 3”.
  4. Buanglah tanda centang (V) di kotak sebelah kata-kata “Biaya Rata-rata”. Karena untuk keperluan Stok Opname, “Average Cost” tidak diperlukan.
  5. Misalkan nama salah satu gudang Anda adalah “Centre”, beri tanda centang (V) di kotak sebelah kata-kata “Centre (2)” dan “Centre (3)”.
  6. Jika Anda mempunyai banyak gudang, disarankan Anda mencetak laporan tersebut per gudang. Jadi buanglah tanda centang (V) di kotak gudang yang lain. (Hal ini dilakukan bila Anda tidak mempunyai lembaran kertas yang sangat lebar)
  7. Setelah itu Anda klik “OK”.
  8. Akan muncul “Laporan Kuantitas Barang per Daftar Gudang” lengkap dengan tiga satuan yang dimiliki oleh masing-masing barang.
  9. Jangan kaget, bila Anda melihat di kolom “Kuantitas”, nilainya tidak sama dengan nilai di kolom “Centre”. Karena selisihnya pasti ada di gudang yang lain.

 

Jika Anda ingin meng-edit kata “Kuantitas”, inilah caranya :

  • klik icon “Modifikasi” di sebelah kiri atas.
  • Klik “Kustomisasi”, kemudian cari kata “Kuantitas”
  • Jika sudah ketemu, sorotlah kata tersebut.
  • Akan muncul icon bergambar “Menulis Kertas” yang jika mouse Otomatis di kata “Kuantitas“ tadi, akan muncul tanda “kursor” dan silahkan Anda merubah kata tersebut menjadi “Total Kuantitas” (misalkan), kemudian klik Enter.

Jika Anda mempunyai banyak gudang, Disarankan agar Anda mencetak laporan tadi per gudang. Sehingga Anda lebih enak dalam membaca laporan dan melakukan stok opname per gudang. Agar Anda lebih cepat menampilkan laporan tersebut diatas (tanpa selalu memberi tanda Centang di kotak sebelah kata-kata “Unit 2” dan “Unit 3”).

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mencobanya langsung dengan mendownload dari link : accurate dekstop

Close Menu