Pengembalian dana dari Penjualan dan Pembelian

Pengembalian Dana Dari pelanggan, dari faktur Yang Sudah Dilunasi oleh pelanggan Tetapi Terjadi Retur Penjualan.

Didalam Jual beli barang yang namanya Pengembalian dana merupakan salah satu hal yang sudah biasa terjadi. Ada berbagai sistem cara yang digunakan ketika retur penjualan. Mulai dari retur diganti dengan barang yang sama atau bisa juga diganti dengan barang yang berbeda. Dan ada juga retur penjualan yang meminta pengembalian uang. Disini anda yang bertindak sebagai Perusahaan yang menjualkan barang, Pelanggan anda ingin melakukan retur penjualan. Pelanggan tersebut meminta agar uang yang telah dibayarkan untuk barang yang sudah dibelinya dikembalikan. Dikembalikan karena pelanggan sudah melunasi faktur dari pembelian barang tersebut, Dengan alasannya karena barang tidak sesuai dengan keinginannya. Karena perusahaan anda adalah perusahaan yang mengizinkan jika ada retur penjualan maka uang yang sudah diberikan bisa kembali.

Sehingga anda harus membuat nota retur dan pengembalian dana nya agar tidak terjadi selisih pada Jumlah barang dan nilai kas dan bank perusahaan. Sebelum anda melakukan pengembalian uang anda harus melakukan retur penjualan terlebih dahulu caranya sebagai berikut:

  • Dari Modul Penjualan.
  • Pilih Retur Penjualan.
  • Pilih Nama pelanggan, Selanjutnya pilih no faktur & Nama barang yang akan diretur.
  • Setelah itu klik Simpan dan Tutup.

Setelah selesai anda melakukan retur Penjualan sekarang anda sudah bisa melakukan pengembelian dana agar tidak terjadi selisih, caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Pada Modul Penjualan.
  • Pilih Penerimaan penjualan.
  • Selanjutnya Pilih Nama pelanggan, Setelah itu maka akan otomatis keluar nilai faktur Minus
    Centang Pilihan “pay” untuk mengembalikan uangnya (Pilih bank sesuai dengan keinginan anda dari mana dana pengembalian tersebut).
  • Kemudian simpan dan tutup (Maka setelah ini nilai kas atau bank pada program accurate anda secara otomatis akan berkurang sesuai dengan nilai faktur sebelumnya).

Catatan : Langkah langkah ini bisa berlaku juga untuk juga pada pengembalian dana dari pemasok akibat dari Retur Pembelian yang dilakukan. Cuma bedanya hanya pada modul yang akan dibuka, Retur Pembelian berarti dari modul pembelian.

Close Menu