Alur proyek dan cara pencatatannya ke dalam accurate

Perusahaan proyek merupakan perusahaan yang kegiatan usaha yang berjangka waktu dengan adanya suatu perjanjian antara penyedia dan orang yang menginginkan proyek tersebut.

Biasanya proyek ini mempunyai rencana anggaran biaya (RAB) sehingga orang yang menginginkan proyek ini tau benar apa yang dikerjakan dengan bahan apa saja. Berdasarkan literatur itulah adanya persetujuan proyek tersebut berjalan.

Di program accurate, rencana anggaran biaya (RAB) ini bisa diinput masuk dan ini lah yang menjadi bahan pengeluaran materialnya. Nilai yang masuk ke dalam proyek ini pun akan langsung terkontrol sehingga accurate bisa menghasilkan laporan perbandingan RAB dan Aktualnya. Perbandingannya bisa dilihat dari segi kuantitas, jenis materialnya, bahkan nilai rupiahnya.

Jika Anda sudah mempunyai standart pekerjaan proyek maka Anda bisa mendaftarkannya ke modul Analisa Harga Kerja. Ini mempermudah Anda dalam penginputan RAB. Di modul pencatatan RAB Anda cukup hanya menginput faktor pengkalinya saja. Dan sebenarnya jika ada perubahan nilai ataupun kuantitasnya, Anda juga bisa merubah pada saat menginput RAB.

Jika Anda menginginkan accurate membantu Anda dalam hal menghitung laba/rugi per proyeknya saja tampa menginput RAB nya maka modul accurate yang dipakai adalah proyek general yang dicatat dari modul Daftar – Proyek – Baru, pilih nanti bagian general.

Hanya saja bedanya dengan pencatatan proyek yang ada RAB nya (proyek kontraktor) di proyek general ini tidak ada pencatatan anggaran material. Yang ada pencatatan anggaran berdasarkan akun laba rugi proyek tersebut. Jika ada material yang terpakai untuk proyek tersebut maka penginputannya dilakukan di modul Pembiayaan Pesanan (Job Coasting). Pengunputan ini menghasilkan jurnal : biaya yang dipilih di job coast akun (Debit) pada akun persediaan (Kredit). Laporan ini hanya bisa dilihat dari laporan pembiayaan pesanan bukan dari laporan proyeknya.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa diberikan accurate untuk usaha Anda yang bidangnya Proyek antara lain pencatatan biaya operasional, hutang, piutang sampai ke buku besar nya. Laporan yang paling utama yaitu laporan keuangan juga bisa Anda lihat secara real-time. Untuk bisa Anda coba langsung, Anda download dari link : accurate proyek.

Close Menu