Pengaplikasian Produksi Kecap Ke Program Accurate

Produksi kecap menjadikan kacang kedelai sebagai bahan baku dengan perlakuan fermentasi terlebih dahulu lalu dilanjutkan keproses pengeringan.

Kecap yang dihasilkan ada yang rasa manis dan asin dan ditentukan dalam tingkat grade nya. Kecap asin memiliki tambahan garam. Sedangkan kecap manis ada tambahan gula, garam dan tepung.

Prosesnya cukup dikategorikan lama karena proses fermentasinya membutuhkan waktu berhari-hari. Ditambah lagi proses penjemuran yang memakan waktu berbulan-bulan. Yang nanti diproses menjadi hasil bahan jadi adalah hasil dari penjemurannya.

Yang menjadi barang setengah jadi yaitu sari dan inilah yang akan diproses menjadi kecap asin ataupun kecap manis. Bahan pembantunya adalah kaleng dan seal yang nanti nya dikemas sesuai dengan gradenya. Semua proses produksinya di dalam accurate 5 diterapkan dari modul pembiayaan pesanan (job coasting).

Dari proses kacang kedelai menjadi sari di dalam pencatatan accurate software menjadi 1 kali proses job coasting. Dan dilanjutkan proses sari menjadi kecap manis atau kecap asin menjadi proses job coasting yang baru lagi. Jadi nantinya akan ada stok barang setengah jadi. Selisih kuantitas stok yang dikarenakan adanya susut maka dianggap menjadi biaya.

Ketika stok barang jadi yaitu kecap dilakukan transaksi penjualan maka program accurate memotong stoknya langsung dan penjurnalan hpp berdasarkan nilai produksi yang telah dihitung secara sistem akan terjurnal secara otomatis.

Selain itu, accurate software juga bisa membantu Anda dalam hal mengontrol hutang – piutang. Dari laporan yang disediakan oleh accurate, terpapar piutang secara rinci. Rinciannya antara lain : No faktur, Tanggal Faktur, Nilai Faktur, Sisa Piutang dan Umur Piutang.

Begitupun dengan laporan hutang, bisa dirincikan dengan adanya no faktur, tanggal faktur, nilai faktur, sisa hutang serta umur hutang. Selain itu, accurate juga menyediakan laporan keuangan serta laporan pajak. Ditambah lagi accurate sudah bisa membantu Anda dalam hal mengeksport transaksi faktur yang berhubungan dengan pajak masukan dan pajak keluaran sehingga di program efaktur yang dari kantor Direktorat Jendral Pajak tinggal Anda import saja, tidak perlu lagi diinput satu-satu.

Anda bisa mencobanya langsung dengan mendownload dari link : accurate software.

Close Menu