Program Accurate, Uang Muka Dari Pemasok A Bisa Dipakai Untuk Pemasok B

Uang Muka Dari Pemasok A Bisa Dipakai Untuk Pemasok B

Setiap perusahaan mempunyai sistem operasional yang berbeda beda. Sehingga membuat program akuntansi yang di inginkan oleh pelanggan Accurate adalah hal yang sangat penting. Dalam kasus seperti ini mungkin dianggap tidak boleh, karena bagaimana bisa DP/uang muka untuk pemasok A di pakai untuk pemasok B. DP untuk pemasok A tetapi pada pada saat anda membeli barang dari pemasok B tapi yang berkurang uang muka untuk pemasok A.

Contoh kasusnya :
Pada awalnya anda membayarkan dp untuk pemasok A sebesar Rp. 1.000.000, dan beberapa hari kemudian anda membeli barang pada pemasok B senilai Rp.1.000.000, sehingga anda ingin membayarkan Invoice tersebut menggunakan uang muka yang anda bayarkan ke pemasok A sebelumnya. Maka langkah langkah yang harus anda ikuti adalah sebagai berikut ini :
1. Silahkan Buatkan akun baru terlebih dahulu dengan tipe Aktiva lancar lainnya dengan nama akunnya “Akun Sementara DP Pembelian“.

2. Buatkan faktur Pembelian untuk pemasok A dengan pilih nama “Opening Balance”. Harga Jual dan Totalnya isi nol saja.

3. Selanjutnya Klik Select DP, lalu centang faktur DP yang sudah dibuat tadi yaitu senilai Rp 1 juta tersebut. Silahkan anda Ubah nilai nnya pada tabulasi DP menjadi Rp 1 juta sesuai dengan jumlah dari faktur pembelian pada Pemasok B. Sehingga jurnal yang akan otomatis terbentuk adalah :

(Dr) Hutang Usaha Rp 1 juta
(Cr) DP pembelian Rp 1 juta

4. Setelah itu kemudia klik pembayaran pembelian, Selanjutnya centang faktur yang mau dibayarkan, klik kanan lalu pilih discount pada faktur DP tersebut . Isikan Jumlah diskon nya sebesar 1 juta tapi dalam keadaan MINUS(-1.000.000) dan pada discount account anda pilih “Akun Sementara DP Pembelian“ sesuai dengan nama akun yang anda buat pada langkah 1. Sehingga jurnal yang akan otomatis terbentuk adalah :

(Dr) Akun Sementara DP Pembelian Rp 800 ribu
(Cr) Hutang Usaha Rp 800 ribu

5. Kemudian cara untuk untuk memotong faktur dari pemasok B senilai Rp 1 juta, adalah buka pembayaran pembelian atas faktur pemasok B dan klik kanan lalu pilih discount info, isi diskon senilai 1 Juta, dan isi discount account ke “Akun Sementara DP Pembelian“. Jadi jurnal nya adalah :

(Dr) Hutang usaha Rp 1 juta
(Cr) Akun Sementara DP Pembelian Rp 1 Juta

Close Menu